Bahaya Minuman Beralkohol Dan Cara Menghentikannya

Bahaya Minuman Beralkohol Dan Cara Menghentikannya

41
memuat...
Menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol
Menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol

Harianpost.co.id – Di jaman sekarang ini minuman beralkohol hampir menjadi minuman yang lumrah, terlebih di wilayah perkotaan. Mereka punya banyak sekali alasan untuk minum minuman beralkohol, salah satunya adalah karena tuntutan pergaulan. Selain itu mungkin karena mereka ingin menghilangkan stress dengan cara minum minuman beralkohol.

Akan tetapi perlu kita ketahui bahwa minuman yang katanya bisa melupakan segala masalah tersebut sangat membanhayakan kesehatan tubuh, terutama organ tubuh bagian hati. Lebih lengkapnya, di bawah ini akan kami jabarkan lebih banyak lagi tentang beberapa efek negatif minuman beralkohol.

Efek Negatif Minuman Alkohol

  • Terjadi gangguan pencernaan.
  • Penyakit Asam urat parah.
  • Munculnya penyakit Kanker.
  • Sering terserang Anemia.
  • Munculnya Penyakit jantung.
  • Resiko penyakit Epilepsi.
  • Resiko mengalami Demensia.
  • Resiko terserang diabetes semakin besar.
  • Resiko Gangguan penyakit mata.
  • Resiko mengalami Disfungsi ereksi.
  • Mengalami Osteoporosis.
  • Melemahnya Sistem kekebalan tubuh.

Lebih parahnya lagi, efek buruk minuman beralkohol ternyata tidak hanya menimpa pada orang yang mengkonsumsinya, akan tetapi juga bisa berakibat fatal pada janin jika yang mengkonsumsi alkohol tersebut adalah wanita atau ibu hamil. Janin yang mereka lahirkan akan beresiko cacat.

Selain itu, mengkonsumsi minuman beralkohol juga akan berakibat seseorang susah untuk berkonsentrasi, tidak bisa fokus, dan emosinya mudah terpancing atau mudah marah, dan masih banyak lagi efek negatif lainnya. Dan kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol tersebut biasanya akan susah sekali dihilangkan. Namun pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips bagi anda yang sekarang ini sedang dalam proses berhenti minum minuman beralkohol.

Tips Menghentikan Kecanduan Minuman Keras atau minuman beralkohol

Ada baiknya kita memang berhenti untuk mengkonsumsi minuman beralkohol sebelum terlambat. Untuk bisa berhenti dari kebiasaan ini memang sangat sulit sekali, sudah banyak orang yang mencoba untuk berhenti namun akhirnya mereka kembali lagi pada kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Di bawah ini adalah beberapa tips ampuh untuk menghentikan kebiasaan minum minuman keras atau beralkohol

Cara pertama adalah merubah gaya hidup

Cara ini penting sekali untuk ktia terapkan dan akan menjadi titik awal untuk menghentikan mengkonsumsi minuman beralkohol. Caranya adalah menghindar dari bentuk fisik atau usahakan kita tidak melihat segala jenis minuman beralkohol, sebab dengan begitu kita bisa mengurangi hasrat untuk mencicipinya lagi.

Jika dengan mencegah mata kita melihat minuman beralkohol masih saja tidak bisa, maka kita bisa melakukan hal-hal positif untuk mengisi aktivitas atau menyibukkan diri kita sehingga bisa melupakannya. Yang penting, carilah segala aktivitas yang positif, seperti mencari kegiatan-kegiatan sosial, berkumpul dengan keluarga, bertanam, atau kegiatan lainnya.

Melaukan terapi atau menjalani pengobatan medis

Jika dengan merubah gaya hidup dirasa masih belum cukup untuk menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol atau paling tidak bisa menahan kita, ada baiknya kita berkonsultasi dengan dokter dan menjalani perawatan medis. Biasanya dokter akan menyarankan kita untuk menjalani program detoksifikasi atau reahabilitasi.

Atau jika kita tidak bisa melakukan rahabilitasi, maka kita biasanya akan dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Dengan mengkonsumsi obat tertentu biasanya kita akan mengalami efek tidak enak saat mengkonsumsi minuman beralkohol. Dengan begitu kita bisa cepat melupakannya dalam waktu singkat. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...