Warning! Kode Rahasia Apple Bocor, iOS Rawan Peretasan

Warning! Kode Rahasia Apple Bocor, iOS Rawan Peretasan

137
memuat...
iOS
iOS

Harianpost.co.id – Kabar kurang sedap datang dari perusahaan gadget terbesar di dunia, Apple. Bagaimana tidak, kode rahasia yang selama ini sudah dijaga dengan sangat ketat oleh mereka ternyata bisa bocor ke publik melalui internet. Akibat dari bocornya kode rahasia Apple tersebut, netizen menganggap bahwa kejadian ini adalah kebocoran rahasia terbesar dalam sejarah.

Kode rahasia milik Apple tersebut pertama kali muncul di laman GitHub dalam bentuk iBoot. bagi kalian yang belum tahu apa itu iBoot, iBoot adalah sebuah program boorloader, program bootloader itulah yang bertugas untuk mengoperasikan seluruh perangkat Apple booting agar bisa menyala dengan aman menuju sistem operasi iOS. Dengan begitu, kita tentu tahu seberapa penting program iBoot tersebut untuk perangkat iOS.

Sayangnya, hingga berita ini diterbitkan masih belum diketahui secara pasti dari mana dan bagaimana program tersebut bisa bocor dan muncul di laman GitHub. Sebab kode rahasia Apple tersebut diunggah oleh seseorang secara anonim alias tidak bernama atau tidak diketahui namanya.

Mengutip dari laporan Cult Of Mac pada hari Senin (12/02/2018), jika kode tersebut diketahui oleh oknum yang tidak bertanggung jawab makan itu bisa sangat membahayakan perusahaan terutama untuk para pengguna iOS sebab tentu saja Apple dan iOS akan menjadi rawan dengan peretasan. Selama ini, Apple memang dikenal memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi sekali.

Selama GitHub dikenal sebagai salah satu situs yang isinya adalah kode-kode tentang dunia komputer dan sejenisnya. Mengetahui bahwa kode rahasianya telah berada di situs tersebut pihak perusahaan Apple langsung meminta agar GitHub segera menghapus postingan yang perisi tentang kode rahasia Apple tersebut.

Hal itu karena selama ini Apple memang tidak seperti Google yang mana sistem operasinya selalu open source seperti Android, Apple lebih bermain rahasia dan semua perkembangan iOS dikendalikan penuh oleh Apple. Dengan begitu, artinya Apple sama sekali tidak pernah sekalipun mempublikasikan kode-kode kepada siapa saja. Cara yang digunakan oleh Apple itu terbukti sangat aman, bahkan selama ini tidak ada satupun peretas yang mampu meretas sistem keamanan milik Apple.

Meskipun Apple sudah meminta postingan tersebut dihapus secara paksa, akan tetapi karena kode tersebut adalah kode keamanan dari Apple maka kemungkinan besar banyak sekali orang yang tertarik untuk mengkopinya terutama para cracker dan hacker.

Kemungkinan tersebut terbukti dari munculnya kode rahasia iBoot milik Apple di situs Reddit. AKan tetapi untungnya, orang yang memposting kode tersebut masih merupakan pengguna baru, maka postingan tersebut masih terpendam. Dan kemungkinan besar sekarang sudah dihapus oleh pihak Reddit sendiri.

Kita tentu sangat pensaran sekali dengan kinerja iBoot tersebut. Setiap kali pengguna iOS menyalakan ponsel mereka, maka ponsel tersebut akan melakukan booting ke perangkat, pada saat itulah semua proses tersebut akan diawali dengan menjalankan sebuah kode yang sudah tersimpan di dalam UEFI Boot ROM. Kemudian mengaktifkan sistem hardware yang akan memilih sistem operasi mana yang akan digunakan.

Setelah proses tersebut, barulah peran iBoot bekerja. Kode tersebut selanjutnya akan melakukan eksekusi kedua bootloader, yang mana terdiri dari dua komponen yaitu Low Level Bootloader dan iBoot. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...