Menstruasi Tidak Lancar, Ternyata Ini Penyebabnya

Menstruasi Tidak Lancar, Ternyata Ini Penyebabnya

110
memuat...
Menstruasi Tidak Lancar
Menstruasi Tidak Lancar

Harianpost.co.id – Menstruasi merupakan suatu reaksi alami yang selalu dialami oleh setiap wanita, dan setiap wanita pasti juga pernah mengalami yang namanya Menstruasi tidak lancar atau tidak teratur. Menstruasi tidak lancar merupakan kondisi yang membuat jadwal atau silus Menstruasi bisa datang lebih cepat, lebih lambat atau bahkan tidak terjadi.

Mengapa wanita mengalami Menstruasi? Dikutip dari Alodokter, Menstruasi merupakan sebuah proses luruhnya dinding rahim yang akan keluar menjadi darah, sedangkan Menstruasi sendiri baisanya terjadi selama sekitar 5 sampai 7 hari dalam kondisi normal dan bisa terjadi lebih lama jika sedang tidak normal. Normalnya, siklus Menstruasi ini selalu terjadi setiap 28 sampai 35 hari dan 11 sampai 13 kali haid atau Menstruasi dalam rentang waktu satu tahun.

Setiap wanita biasanya akan mengalami masa menstruasi yang berbeda-beda, ada yang mengalaminya lebih pendek, ada yang lebih panjang, ada yang terasa nyeri dan ada yang tidak. Menstruasi yang tidak lancar adalah ketika siklus Menstruasi terjadi kurang dari 21 hari atau bisa juga terjadi lebih dari 35 hari, juga bisa dikatakan Menstruasi tidak teratur ketika setiap bulannya seorang wanita mengalami Menstruasi yang berubah-ubah, volume darah yang keluar dari rahim tidak sama dari Menstruasi sekarang dengan Menstruasi sebelumnya atau berikutnya.

Kebanyakan wanita mengalami Menstruasi tidak lancar ini ketika pada awal seseorang mulai mengalami Menstruasi, dan ketika seseorang berada pada masa menjelang menopause, atau bahkan bisa juga terjadi ketika usia normal. Dan penyebab utama terjadinya Menstruasi tidak lancar atau tidak teratur ini adalah karena hormon di dalam tubuh masih belum seimbang, akan tetapi jika Menstruasi tidak lancar itu terjadi di tahun-tahun pertama seseorang mengalami Menstruasi, maka hal itu bisa termasuk kejadian yang masih wajar.

Apa Penyebab Menstruasi Tidak Lancar?

Diatas tadi sudah disebutkan bahwa penyebab umum atau penyebab utama Menstruasi tidak lancar adalah karena hormon di dalam tubuh belum siap. Akan tetapi jika wanita tersebut berada pada usia pubertas atau tidak pada tahun awal mengalami Menstruasi atau juga tidak mendekati masa menopause, bisa jadi Menstruasi tidak lancar tersebut disebabkan karena kondisi medis yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa penyebab Menstruasi tidak lancar atau tidakteratur:

Karena Kehamilan

pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang perbedaan menstruasi dengan gejala kehamilan, begitu juga ketika Menstruasi tidak lancar. Jika anda juga mengalaminya, cobalah anda periksakan ke dokter. Siapa tahu anda belum juga menstruasi itu karena anda sedang dalam masa awal-awal kehamilan.

Karena penggunaan Alat konstrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti misalnya IUD atau pil KB juga bisa berpengaruh pada perubahan flek diantara siklus Menstruasi. Peralatan seperti IUD juga bisa menyebabkan darah haid keluar lebih banyak dari biasanya, juga bisa menjadi penyebab nyeri haid.

Pola hidup sehari-hari yang kurang sehat

Sebenarnya bukan hanya pola hidup yang kurang sehat yang bisa menyebabkan siklus Menstruasi berubah-ubah, program diet pun juga menjadi penyebab Menstruasi tidak lancar, hal ini juga akan terjadi pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Kondisi pikiran yang tidak tenang atau sedang stress juga bisa membuat siklus Menstruasi menjadi tidak teratur.

Adanya Sindrom ovarium polikistik

Apa itu sindrom ovarium polikistik? Sindrom Ovarium Polikistik adalah gejala-gejala yang terjadi akibat munculnya kista kecil yang ada di dalam indung telur. Adanya kista tersebut akan membuat hormon di dalam tubuh menjadi tidak seimbang, seperti contohnya hormon testosteron yang mengalami peningkatan berlebih diatas batas normal padahal ketika itu wanita yang bersangkutan hanya membutuhkan sedikit hormon testosteron.

Gangguan pada Kelenjar Tiroid

Meskipun tidak sering terjadi, akan tetapi gangguan pada kelenjar tiroid juga bisa menjadi penyebab Menstruasi tidak lancar, sebab kelenjar tiroid ini fungsinya adalah mengatur metabolisme di dalam tubuh seseorang.

Itulah beberapa penyebab Menstruasi tidak lancar selain karena hormon di dalam tubuh seseorang. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...