Alasan Google Tiba-Tiba Hapus Fitur View Image

Alasan Google Tiba-Tiba Hapus Fitur View Image

128
memuat...
Fitur View Image Google Dihapus
Fitur View Image Google Dihapus

Harianpost.co.id – Selama ini kalian pasti pernah berselancar di google dengan mode gambar, ketika kalian mengklik salah satu gambar maka biasanya di samping kanan gambar tersebut akan ada beberapa menu pilihan mengenai gambar tersebut, salah satu menu yang tersedia adalah ‘View Image‘. Menu ini berfungsi untuk melihat gambar lebih detail dengan ukuran aslinya.

Mungkin kalian seringkali menggunakan fitur tersebut, iya kan? Sayangnya mulai sekarang kalian tidak akan bisa lagi menggunakan fitur View Image secara langsung. Sebab perusahaan Google telah mengumumkan kepada semua penggunanya bahwa mereka baru saja menghapus fitur View Image tersebut.

Pengumuman Penghapusan fitur View Image itu disampaikan di akun resmi Google di Twitter. Mereka telah memposting sesuatu mengenai penghapusan fitur itu langsung dari halaman pencariannya. Google menuliskan, “Pada hari ini, kami telah meluncurkan sejumlah perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs-situs yang mereka ingin kunjungi.”

“Perubahan ini termasuk fitur View Images yang telah kami hapus. Namun, tombol mengunjungi laman yang berkaitan masih ada. Jadi pengguna bisa langsung melihat gambar dalam situs yang mereka kunjungi.”

Diatas tadi sudah disebutkan bahwa manfaat dari fitur View Image ini adalah membantu pengguna Google untuk melihat gambar ke dalam versi aslinya secara lebih detail. Bahkan dengan fitur tersebut pengguna bisa menyimpan gambar tanpa harus terlebih dahulu mengunjungi situs pemilik gambar tersebut. Dengan begitu ini adalah salah satu kerugian yang akan dirasakan oleh pihak yang mempunyai gambar sebab mereka tidak mendapatkan keuntungan dari visitor.

Sedangkan langkah penghapusan fitur View Image ini adalah sebagai upaya yang dilakukan oleh Google untuk menghargai serta melindungi hak cipta fotografer serta upaya untuk merespon kritik-kritik yang dari fotografer serta perusahaan yang menyediakan foto seperti contohnya Getty Image, Pixabay dan lainnya. (www.harianpost.co.id)

Pelanggaran Hak Cipta

Pihak Google sendiri sebenarnya baru saja menerima banyak kecaman dari banyak pihak sebab mereka bisa menampilkan gambar yang sebenarnya merupakan pelanggaran hak cipta. Dengan keberadaan fitur View Image tersebut seseorang bisa mengambil gambar tanpa izin dengan sangat mudah.

Maka dengan dihapusnya fitur View Image tersebut pengguna akan pergi mengunjungi situs yang memiliki gambar tersebut sebelum mereka menyimpannya. Walaupun banyak sekali situs yang tidak mengijinkan para pengguna internet untuk mengambil gambar mereka sebab melanggar hak cipta.

Keuntungan Penyedia Gambar

Walaupun penghapusan fitur View Image ini banyak disayangkan oleh para pengguna Google, akan tetapi hal tersebut pada kenyataannya justru berbanding terbail dengan pihak penyedia gambarnya. Diatas tadi sudah sedikit disinggung bahwa dihilangkannya fitur View Image akan membuat pengguna mau tidak mau harus mengunjungi situsnya terlebih dahulu.

Akan tetapi sekalipun fitur View Image tersebut telah dihapus oleh Google, sebagian pengguna masih bisa melakukan cara lain yang lebih cepat untuk menyimpan gambar gambarnya tanpa harus mengunjungi situs penyedia gambar yang diinginkan. Yaitu dengan cara klik kanan kemudian pilih “Simpan Gambar”. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...