Fitur View Image di Google Dihapus, Begini Cara Mengembalikannya

Fitur View Image di Google Dihapus, Begini Cara Mengembalikannya

140
memuat...
Fitur View Image Google Dihapus
Fitur View Image Google Dihapus

Harianpost.co.id – Beberapa hari lalu Google telah melakukan tindakan yang cukup membuat banyak orang terkejut karena tidak lagi melihat salah satu fitur image yang biasanya kita lihat. Sebab Google memang dengan sengaja menghapus fitur tersebut dari pencarian gambar, fitur yang dimaksud adalah View Image. Google melakukan hal itu juga bukan tanpa alasan.

Sedangkan alasan kuat yang mendasari tindakan penghapusan fitur view image dalam pencarian gambar adalah karena ingin melindungi hak cipta, terlebih lagi karena adanya protes dari banyak pihak, termasuk salah satunya adalah Getty Image. Banyak kalangan ynag merasa dirugikan karena tombol view image tersebut, akan tetapi jika tombol tersebut tetap ada maka yang dirugikan adalah penyedia gambarnya.

Bagi kalian yang merasa yang ingin fitur view image tersebut kembali ada, ada cara untuk mengatasinya dengan cara memunculkan kembali fitur view image tersebut di pencarian gambar Google. Cara mengembalikan fitur view image sendiri sangat mudah sekali, kalian cukup menginstal extension bernama ‘View Image’, dengan ekstensi tersebut maka kaian bisa kembali menikmati fitur View Image di pencarian gambar Google.

Untuk mendapatkan ekstensi tersebut kalian bisa mengunduhnya di sini.

Cara di atas ini sebenarnya bukanlah satu-satunya cara, pada artikel sebelumnya kami sudah memberikan tips kepada kalian untuk melihat gambar di pencarian gambar Google tanpa harus mengunjungi website penyedia gambarnya, yaitu dengan cara klik kanan pada gambar tersebut kemudian pilih Open Image in New Tab, maka gambar tersebut akan muncul pada tab lain dengan lebih detail lagi.

Cara ini terbukti lebih cepat dari pada kalian harus menginstal ekstensi View Image dari Google, akan tetapi tidak ada salahnya jika kalian ingin mencobanya. Penghapusan fitur tersebut telah dipublikasikan ke masyarakat dunia melalui akun Twitternya bahwa mereka memang telah menghapus fitur View Image terebut di pencarian gambar Google.

Pihak Google menuliskan, “Pada hari ini, kami telah meluncurkan sejumlah perubahan pada Google Images untuk membantu menghubungkan pengguna dengan situs-situs yang mereka ingin kunjungi.”

“Perubahan ini termasuk fitur View Images yang telah kami hapus. Namun, tombol mengunjungi laman yang berkaitan masih ada. Jadi pengguna bisa langsung melihat gambar dalam situs yang mereka kunjungi.”

Selam ini fitur View Image telah banyak membantu para pengguna yang sedang ingin mencari gambar-gamar dengan lebih jelas secara keseluruhan dalam format asli. Setelah itu mereka bisa langsung menyimpan gambar tersebut tanpa harus mengunjungi situs penyedia gambar. Tapi karena hal itu membuat banyak pihak merasa dirugikan dan melakukan protes, maka Google melakukan penghapusan dengan alasan ingin melindungi hak cipta fotografer, selain itu juga keputusan Google tersebtu juga menjadi jawaban dari kritik-kritik yang dilayangkan oleh fotografer serta perusahaan penyedia gambar.

Bahkan Google sempat mendapatkan kecaman dari berbagai pihak karena fitur View Image tersebut. Sebab keberadaan tombol tersebut membuat banyak orang bisa mengambil gambar tanpa ijin dari penyedianya. Jadi, dengan dihapusnya fitur View Image tersebut maka pengguna mau tak mau harus berkunjung ke situs penyedia gambar terlebih dahulu, dan dengan begitu situs penyedia gambar paling tidak mendapatkan keuntungan dari jumlah visitornya. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...