Manfaat Buah Kenari Untuk Perbaiki Otak Manusia

Manfaat Buah Kenari Untuk Perbaiki Otak Manusia

1766
memuat...

Manfaat-Buah-Kenari-Untuk-Perbaiki-Otak-Manusia

Harianpost.co.id Apakah Anda menyadari ada kesamaan bentuk antara buah kenari dengan otak manusia? Tidak hanya bentuk yang serupa, ternyata buah kenari juga memiliki manfaat bagi “saudara kembar”nya tersebut. Kandungan dalam buah kenari ternyata sangat menunjang kinerja fungsi otak.

Buah kenari atau yang sering disebut dengan kacang kenari termasuk buah kering yang berasal dari daerah Timur Tengah. Buah kenari kaya akan kandungan asam lemak omega-6. Sekitar 37,5 gram buah kenari mengandung omega-6 sebesar 9 gram.

Selain itu buah kenari juga memiliki kandungan asam lemak omega 3, alfa linolenik, 16 antioksidan jenis fenol, elagik, vitamin E dan asam galik. Kandungan omega 3 dan omega 6 inilah yang dimanfaatkan sebagai makanan bagi otak.

Sekitar 60 persen struktur otak manusia memang terbangun dari lemak, oleh karena itu otak sangat membutuhkan asam lemak sebagai nutrisinya. Kandungan lain dari buah ini yaitu melatonin, dimana melatonin merupakan hormon yang mengatur jam biologis manusia. Rasa kantuk akan dirasakan pada jam–jam tertentu akibat adanya hormon ini. Dengan kandungan melatonin ini, secara tidak langsung buah kenari juga membantu otak yang lelah untuk istirahat.

Selain itu hormon melatonin ternyata mampu meningkatkan kadar serotonin, dimana serotonin berfungsi untuk menyampaikan pesan dari tempat satu ke tempat lain dalam otak. Sebagian besar sel dalam otak dipengaruhi oleh serotonin, pengaruhnya berkaitan dengan nafsu makan, ingatan, mood dan pengaturan suhu. Dengan begitu, buah kenari dapat sedikit meringankan beban kerja otak karena dapat mengurangi rasa depresi.

Informasi penting lainnya, buah kenari dapat dimanfaatkan oleh otak untuk memacu pertumbuhan sel–sel otak sehingga akan mampu meningkatkan kecerdasan. Selain itu, buah kenari juga mampu meningkatkan daya ingat dan mencegah penyakit Alzheimer. Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Alzeimer’s Disease membuktikan bahwa makan buah kenari mampu menangkal penuaan terhadap fungsi otak.

Komentar

Loading...