Kesemutan Tanpa Sebab, Waspadai Gejala Neuropati

Kesemutan Tanpa Sebab, Waspadai Gejala Neuropati

565
memuat...

Kesemutan-kaki-Tanpa-Sebab-Waspadai-Gejala-Neuropati

Harianpost.co.id Neuropati atau gangguan sistem saraf merupakan penyakit yang perlu Anda waspadai. Pasalnya banyak orang yang tak menyadari gejala–gejala yang muncul adalah salah satu indikasi Anda menderita penyakit saraf ini.

Kesemutan, mungkin Anda pernah bahkan sering mengalaminya. Kejadian ini biasanya akan muncul setelah Anda melakukan kegiatan yang dapat menghentikan kerja pembuluh darah dengan sengaja, misalnya duduk sila atau duduk terlalu lama. Ini merupakan hal wajar.

Namun berbeda lagi jika Anda tiba–tiba mengalami kesemutan tanpa ada sebab musababnya. Menurut Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PP PERDOSSI) Prof. Dr. dr Moh. Hasan Machfoed SpS(K), MS, kesemutan semacam ini perlu Anda khawatirkan, karena bisa jadi merupakan salah satu indikasi Anda terserang Neuropati.

Prof Hasan menambahkan, kesemutan yang terjadi secara tiba–tiba tersebut timbul karena kurangnya pasokan darah akibat penyakit dan sifat patologis. Beliau juga mengatakan, tingkat keparahan penyakit akan mempengaruhi sering dan derajat keparahan kesemutan yang Anda alami.

Dikutip dari health.detik.com (27/4/2016), Prof Hasan menyebutkan bahwa pada kasus pasien penderita diabetes, kadar gula darah yang tidak terkontrol akan membuat darah lebih kental sehingga sulit mengalir. Jika hal tersebut dibiarkan terlalu lama, pasien dapat mengalami kelumpuhan.

Masih dalam kesempatan yang sama, dr Ahmad Yanuar Sp(S) menambahkan jika seseorang sering mengalami kesemutan tanpa sebab dan membiarkannya terlalu lama tanpa memeriksakannya, hal tersebut kemungkinan akan mengganggu kualitas hidup penderitanya, misalnya tidak bisa duduk terlalu lama dan kerja yang terganggu.

Komentar

Loading...