Kenali Penyebab Infertilitas Bagi Pria

Kenali Penyebab Infertilitas Bagi Pria

91
memuat...
Infertilitas pada pria
Infertilitas pada pria

Harianpost.co.id – Dari semua kasus Infertilitas yang pernah terjadi, 30 persen disebabkan karena Infertilitas pria, selebihnya karena Infertilitas wanita. Apa itu Infertilitas? Infertilitas adalah masalah kemandulan yang mana seringkali dialami oleh pihak wanita walaupun pada kenyataannya pria juga berpotensi mengelami hal itu. Sebab bagi pria dan wanita sama-sama memiliki permasalahan pada bagian organ reproduksi yang bisa mempengaruhi kesuburan mereka.

Oleh karena itulah pemeriksaan kesuburan itu sama-sama pentingnya dilakukan oleh pria dan wanita. Akan tetapi kebanyakan pihak pria selalu enggan untuk memeriksakan diri mereka karena malu, namun begitu tetap penting untuk memeriksakannya agar tahu dimana letak permasalahan yang sebenarnya.

Apabila terbukti pihak pria memiliki masalah dengan kesuburan mereka, maka dapat langsung berkonsultasi dengan dokter spesialis urologi dan andrologi. Terlebih dahulu dokter akan melakukan proses identifikasi pada masalahnya dan penyebabnya sehingga dokter bisa dengan mudah menentukan cara mana yang harus dilakukan untuk mengatasi kondisi itu.

Penyebab Infertilitas Pria

Penyebab pria tidak subur atau Infertilitas pria itu bisa karena banyak hal, paling banyak adalah karena gangguan hormonal, fisik dan juga psikologis.

Gangguan hormonal

Biasanya pada kondisi ini tingkat hormon pria tersebut terlalu tinggi atau malah terlalu rendah sehingga pengaruhnya pada kesuburan sangat besar sekali. Hormon-hormon tersebut diantaraya adalah:

  • Hipotiroid.
  • Hiperprolaktinemia.
  • Hipogonadotropik hipopituitarisme.
  • Hiperplasia adrenal kongenital.
  • Panhipopituitarisme.

Gangguan fisik

Beberapa masalah fisik juga bisa memberikan pengaruh besar terhadap kesuburan pria, contoh seperti gangguan reproduksi sperma (biasanya terjadi karena terhambatnya sperma dari tetis menuju ke penis). Infertilitas pria karena gangguan fisik ini biasanya ditandai dengan jemlah sperma yang terlalu rendah atau bentu serta ukurannya tampak tidak normal. Beberapa kondisi gangguan fisik yang menjadi penyebab Infertilitas pria adalah infeksi, penyakit, Varikokel (pelebaran pembuluh darah), kelainan saluran sperma, penyakit genetik dan sering merasa terlalu lelah yang berlebihan.

Gangguan kombinasi fisik dan psikologis

Beberapa kasus masalah seksual pada pria terutama Infertilitas (kemandulan) juga bisa disebabkan karena gangguan psikologis, gangguan fisik dan psikologis ini pada umumnya memang sangat sulit sekali untuk dipisahkan. Infertilitas pria yang disebabkan karena gangguan psikologis diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Impotensi
  • Ejakulasi dini
  • Inkompetensi ejakulasi

Penyebab-Penyebab Lain Infertilitas Pada Pria

Selain dari tiga penyebab umum Infertilitas pria diatas tadi, masih ada lagi beberapa penyebab lain yang juga ikut mempengaruhi terjadinya Infertilitas pria. Diantaranya adalah penyakit kanker, penyakit tumor, karena pernah melakukan pengobatan tertentu seperti penggunaan kortikosteroid dalam waktu yang lama, atau mungkin karena pria tersebut pernah melakukan operasi seperti operasi hernia inguinalis, operasi prostat, atau operasi pembedahan skrotum.

Beberapa Faktor yang Dapat Meningkatkan Risiko terjadi kemandulan (Infertilitas)

Dari penyebab Infertilitas pria  tentu kita juga akan mengaitkan beberapa faktor diatas dengan hal-hal yang bisa meningkatkan resiko Infertilitas semakin besar. Nah, beberapa hal di bawah ini yang sering menjadi pemicu terjadinya Infertilitas pria. diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Usia yang terus bertambah.
  • Kebiasaan merokok.
  • Sering mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan.
  • Pernah menggunakan obat-obat terlarang.
  • Terlalu sering memakai celana dalam yang ketat.
  • Sering terkena paparan zat-zat berbahaya seperti pestisida, merkuri, logam berat atau borium.

Itulah beberapa pengetahuan tentang penyebab Infertilitas pada pria serta beberapa hal yang terkait dengan Infertilitas. Jika anda dan pasangan anda sudah berhubungan intim selama satu tahun akan tetapi tidak kunjung hamil, Itu artinya anda dan pasangan anda lebih baik segera berkonsultasi dengan dokter spesialis agar bisa mengetahui penyebab tidak bisa hamil. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...