Keren! Beberapa Teknologi Di Film Black Panter Ada Di Dunia Nyata

Keren! Beberapa Teknologi Di Film Black Panter Ada Di Dunia Nyata

114
memuat...
Kereta api Hyperloop One
Kereta api Hyperloop One, foto: Wonderlist

Harianpost.co.id – Sebagian dari tentu sudah menyaksikan film terbaru Black Panther, iya kan? Jiak belum buruan nonton sebab film ini bagus banget dan banyak sekali teknologi-teknologi canggih di dalamnya. Di dalam film tersebut juga banyak menampilkan negeri fiksional yang penuh dengan teknologi canggih di bagian afrika selatan yang dinamakan Wakanda.

Hal itu disebabkan karena adanya material vibranium yang membuat Wakanda menjadi Negara yang paling kaya akan sumber daya alamnya dan lengkap dengan teknologi-teknologi canggih. Beberapa teknologi canggih yang ditampilkan dalam film tersebut adalah pesawat siluman, teknologi pengobatan dan penyembuhan yang luar biasa, serta masih banyak lagi teknologi canggih lainnya.

Nah, dari semua teknologi yang ada di film Black Panther tersebut ternyata beberapa diantaranya ada di dunia nyata. Teknologi seperti apa itu? Langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

Teknologi Levitasi Magnetik

Di negeri Wakanda tesrebut ada salah satu moda transportasi yang mana rutenya tidak menggunakan rel seperti kereta api biasanya. Tapi menggunakan Levitasi Magnetik, dan terenyata teknologi seeprti ini benar-benar ada di dunia nyata meskipun belum bisa beroperasi. Kereta tersebut bernama Hyperloop One yang dikembangkan oleh perusahaan milik Elon Musk yang bekerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti Virgin dan Boring Company.

Kecepatan Hyperloop One ini diprediksi mampu menembus angka 1080 km per jam tanpa turbulensi. Sungguh luar biasa. Sayangnya, teknologi kereta Hyperloop One tersebut hingga saat ini masih dalam tahap pengembangan dan sistemnya juga sedang dalam proses pembangunan di Amerika Serikat. Banyak pihak yang mengharapkan bahwa teknologi Levitasi Magnetik ini bisa selesai pada tahun 2021 mendatang.

Alat Pengendali Jarak Jauh

Jika kalian sudah menonton film Black Panther tentu kalian ingat dengan yang namanya Shuri, adik T’Challa. Ia mampu mengendalikan kendaraan dari jarak jauh. Nah, teknologi seperti itu ternyata juga sudah ada di dunia nyata, walaupun pada kenyataannya tidak secanggih yang ada di dalam film. Teknologi yang mirip dengan buatan Shuri tersebut adalah penggunaan drone milik tentara Amerika Serikat.

Mereka bisa mengendalikan dron dari jarak jauh yang mana drone tersebut sudah dipersenjatai dengan peralatan senjata untuk menyerah lawan. Sementara pada drone tersebut sudah dibekali dengan kamera canggih sehingga pengemudi bisa melihat keberadaan musuh. Sedangkan pilot pengendali drone juga akan didukung dengan virtual reality sehingga bisa mengendalikan drone tersebut dengan lebih responsive lagi.

Teknologi Hologram

Di film Black Panther itu, warna Wakanda sudah menggunakan teknologi hologram untuk melakukan berbagai macam hal, mulai dari layar laboratorium, pengganti moda komunikasi, dan lain-lain. Tahukah kalian bahwa di dunia nyata juga sudah menggunakan teknologi tersebut meskipun masih sangat sederhana.

Seperti contohyna adalah layar interaktif ynag menggunakan layar 2D yang sekarang ini sudah digunakan sebagai pelengkap rumah cerdas. Dengan layar 2D tersebut kita bisa membuat layar proyektor di tembok dan tembok tersebut akan bisa berfungsi seperti layar sentuh. Akan tetapi jika kita bandingkan dengan hologram 3D, sepertinya teknologi tersebut masih terlalu jauh untuk dijangkau, akan tetapi beberapa perusahaan teknologi saat ini memang sudah dalam masa-masa pengembangan untuk mencapai teknologi tersebut. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...