Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle, Amankah?

Membersihkan Kotoran Telinga Dengan Ear Candle, Amankah?

120
memuat...
Membersihkan kotoran telinga dengan ear candle
Membersihkan kotoran telinga dengan ear candle

Harianpost.co.id – Salah satu teknik membersihkan telinga adalah dengan menggunakan Ear candle yang dilakukan dengan cara menggunakan lilin khusus. Teknik membersihkan telinga menggunakan Ear candle sekarang ini banyak digunakan oleh banyak orang karena dianggap lebih efisien dan praktis, tapi pertanyaannya, amankah membersihkan telinga dengan Ear candle?

Bahkan para penyedia perawatan telinga di beberapa tempat telah mengatakan bahwa membersihkan kotoran telinga dengan Ear candle ini akan sekaligus memberikan efek relaksasi dan dipercaya bisa menyembuhkan penyakit sinusitis, sakit tenggorokan, flu, vertigo dan juga mengurangi gangguan pendengaran.

Akan tetapi, selama ini sama sekali belum ada penelitian yang mampu membuktikan bahwa teknik membersihkan telinga dengan Ear candle itu bisa membersihkan kotoran telinga secara efektif. Yang ada justru sebaliknya, banyak artikel kesehatan yang menyebutkan bahwa Ear candle itu justru akan membuat kotoran telinga masuk lebih dalam lagi.

Resiko Membersihkan Telinga Dengan Ear Candle

Beberapa resiko menggunakan Ear candle untuk membersihkan telinga dibawah ini mungkin bisa kita jadikan pengetahuan bahwa kita harus berhati-hati menggunakan alat tersebut.

  • Terjadi penyumbatan telinga akibat lilin yang meleleh
  • Pendengaran menjadi hilang untuk sementara waktu dan kalau tidak dihiraukan akan menjadi lebih parah
  • Beresiko terjadinya kerusakan pada gendang telinga
  • Resiko gendang telinga kemasukan abu
  • Terjadi luka bakar pada telinga di bagian dalam

Tak hanya itu saja, membersihkan telinga menggunakan Ear candle juga bisa membahayakan area sekitar telinga. Misalnya terjadi luka yang diakibatkan oleh bekas pembakaran lilin yang jatuh pada permukaan kulit, pada rambut, atau telinga bagian luar. Sejauh ini banyak sekali para dokter ahli telinga yang tidak menyarankan membersihkan telingga menggunakan Ear candle, sebab resikonya lebih banyak dibandingkan dengan manfaatnya. Lantas bagaimana cara membersihkan telinga yang paling aman?

Cara Membersihkan Telinga yang Aman

Hal ini sangat penting sekali untuk diketahui tentang cara membersihkan telinga yang paling aman dan tepat. Jika kita paham, sebenarnya kotoran telinga itu berfungsi sebagai pertahanan alami, sebab kotoran telinga itu nanti akan melindungi, melumasi lubang telinga bahkan sebenarnya kotoran telinga bisa bersih dengan sendirinya. Dan yang lebih penting lagi adalah bahwa kotoran telinga itu nanti akan menghambat perkembangan bakteri, lantas apakah sebaiknya kotoran tersebut dibiarkan saja? Tentu tidak, kotoran telinga juga perlu untuk dibersihkan akan tetapi dengan cara yang benar agar kotoran tidak masuk ke dalam.

Jika anda ingin membersihkan telinga dengan cara yang aman, lakukanlah beberapa cara seperti melunakkan kotoran dengan memberikan beberapa tetes baby oil, gliserin atau menggunakan hidrogen peroksida. Dengan memberikan tetesan itu maka biasanya kotoran telinga akan menjadi lunak dalam waktu 48 jam.

Atau jika anda tidak memiliki ketiga bahan tersebut, anda bisa menggunakan air hangat untuk membersihkan kotoran telinga dengan cara menyemprotkannya ke dalam telinga dengan perlahan atau bisa juga menggunakan nekas botol tetes mata. Ketika anda memasukkan air hangat ke dalam telinga, saat itu juga tarik-tarik daun telinga anda agar air bisa menjangkau beberapa tempat di dalam telinga dan agar saluran telinga bisa lurus.

Setelah itu anda bisa membersihkan telinga bagian luar dengan menggunakan tisu atau handuk kecil. Nah, jika anda masih ragu dengan teknik ini, ada baiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk membersihkan kotoran telinga. Sekali perlu diingat bahwa jangan membersihkan telinga dengan mengoreknya sebab resiko kotoran akan masuk lebih dalam lagi itu sangat besar sekali dan akan menyumbat saluran telinga hingga akhirnya pendengaran menjadi terganggu. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...