Benteng Pendem, Pesona Eksotisme Sudut Kota Eropa di Ngawi

Benteng Pendem, Pesona Eksotisme Sudut Kota Eropa di Ngawi

183
memuat...

Harianpost.co.idNgawi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di tepi barat berbatas langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Pada abad 19 lalu, kabupaten ini sempat menjadi pusat perdagangan dan pelayaran di Jawa Timur. Tak hanya itu, pada saat itu Ngawi juga sebagai pusat pertahanan Belanda ketika perang Diponegoro. Dan untuk mempertahankan jalur perdagangan, pemerintah Belanda membangun benteng pertahanan yang disebut dengan benteng Van Den Bosh atau lebih dikenal dengan nama benteng Pendem.

Untuk sampai di benteng Pendem, hanya dibutuhkan waktu 10 menit dari pusat kota Ngawi. Akses jalanannya pun juga sudah mudah untuk ditempuh karena benteng ini merupakan destinasi wisata andalan di Ngawi. Benteng Van Den Bosh disebut dengan Benteng Pendem dikarenakan benteng ini sengaja dibangun lebih rendah dari tanah disekelilingnya. Hal ini berfungsi sebagai strategi perang. Karena geografis Ngawi bukan berada di wilayah pesisir, juga menjadi alasan mengapa benteng ini tidak dibangun ditempat-tempat tinggi untu mengawasi musuh. Adanya sungai Bengawan Solo dan Bengawan Madiun menjadikan Ngawi sebagai pusat perdagangan dan pelayaran pada saat itu.

Benteng Pendem ini memiliki gaya arsitektur mirip dengan bangunan di Belanda yang unik dan eksotis apalgi saat cuaca benar-benar cerah. Beberapa tempat di benteng ini juga menjadi spot foto yang instagramable karena terlihat seperti di salah satu sudut kota di Eropa.

Komentar

Loading...