Apa Masker Anti Polusi Yang Paling Efektif? Ini Dia

Apa Masker Anti Polusi Yang Paling Efektif? Ini Dia

232
memuat...
Masker Anti Polusi Yang Paling Efektif
Masker Anti Polusi Yang Paling Efektif

Harianpost.co.id – Di jaman seperti sekarang ini kita tentu banyak sekali melihat semakin banyak orang yang menggunakan masker anti polusi atau masker pelindung debu di manapun mereka berada. Entah itu di tempat umum, di jalanan, bahkan di tempat kerja sekalipun semakin banyak orang yang menggunakan masker karena polusi udara semakin kesini semakin banyak. Yang jadi pertanyaannya adalah apakah masker yang mereka gunakan itu sudah benar-benar bisa melindungi kita dari polusi udara?

Tujuan utama kita menggunakan masker tentu saja adalah untuk mencegah kita dari polusi udara serta mencegah kita dari berbagai macam penyakit yang disebabkan karena polusi udara. Kita pasti menyadari bahwa udara di luar yang sudah terkontaminasi dengan polusi seperti asap kendaraan itu mengandung beberapa zat berbahaya yang tidak terlihat oleh mata kita. Zat berbahaya tersebut biasanya akan menyebabkan seseorang terserang alergi seperti bersin-bersin, batuk, sesak bahkan bisa menyebabkan dada kita terasa sakit. Oleh karena itulah dengan menggunakan masker kita bisa terlindung dari zat-zat berbahaya seperti itu, paling tidak bisa mengurangi resiko terkena penyakit.

Lantas seperti apa masker anti polusi yang paling efektif untuk digunakan?

Masker yang paling efektif untuk megnhalangi polusi seperti debu, asap kendaraan dan lainnya adalah masker khusus yang mampu memfilter bakteri atau virus yang bertebaran di udara supaya mulut dan hidung kita bisa tetap terlidungi dengan aman. PENTING untuk diperhatikan baik-baik bahwa masker yang terbuat dari kertas atau kain itu sebenarnya tidaklah efektif. Hal tersebut diungkapkan oleh seorang pakar kesehatan dari University of Alabama, Birmingham bahwa memakai masker yang kurang tepat untuk wajah tentu saja tidak akan melindungi tubuh kita dari polusi.

Masker Anti Polusi yang Paling Efektif

Sementara itu, masker yang selama ini dianggap sebagai masker anti polusi yang paling efektif adalah masker untuk pernapasan, yaitu N95 Respirator. Masker yang satu ini benar-benar jauh berbeda dari masker pelindung biasa. Sekilas masker N95 Respirator ini memang memiliki desain yang sama dengan masker biasa dan sama-sama bertujuan untuk melindungi seseorang dari debu, polusi atau bakteri. Akan tetapi N95 Respirator sengaja didesain sedemikian rupa serta dilengkapi dengan sebuah alat untuk menyaring partikel-partikel berbahaya yang bertebaran di udara. Sedangkan masker anti polusi biasa yang sering kita jumpai kebanyakan terasa longgar dan tidak benar-benar bisa menempel dengan sempurna sehingga resiko terkena polusi masih sangat besar.

Ada Beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika menggunakan masker pelindung N95 Respirator, hal ini bertujuan agar masker tersebut bisa benar-benar efektif melindungi tubuh kita dari polusi udara.

  • Masker N95 Respirator ini tidak dirancang untuk anak-anak, serta seseorang yang memiliki rambut pada wajah.
  • Bagi anda yang memiliki masalah pernapasan kronis, penyakit jantung atau masalah kesehatan yang lainnya, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan masker N95 Respirator. Sebab menggunakan masker N95 Respirator ini anda akan sedikit berusaha lebih keras lagi ketika bernapas.
  • Agar terhindar dari beberapa penyakit menular, jangan menggunakan masker N95 Respirator secara bergantian dengan orang lain.
  • Segera ganti masker N95 Respirator jika dirasa sudah membuat anda sulit bernapas atau terjadi kerusakan pada masker tersebut.

 

Melindungi diri kita dari polusi yang mengandung zat berbahaya tentu sangat penting sekali sehingga sangat disarankan agar kita menggunakan masker pelindung yang benar-benar bisa bekerja secara efisien. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...