5 Tanda Smartphone Sedang Diretas Orang Lain

5 Tanda Smartphone Sedang Diretas Orang Lain

137
memuat...
Tanda smartphone diretas
Tanda smartphone diretas

Harianpost.co.id – Teknologi boleh jadi memang semakin canggih dan mendapatkan koneksi internet juga sudah tidak sesulit dahulu, dan semua itu ternyata berhasil merubah pola dan gaya hidup masyarakat di seluruh dunia dan banyak waktu mereka yang dihabiskan untuk teknologi, terutama smartphone.

Dengan smartphone, saat ini hampir semua hal bisa dilakukan oleh seseorang, mulai dari melakukan transaksi keuangan, mengirim berita, mengirim email, dan jenis komunikasi yang lain lebih mudah kita lakukan bahkan kita bisa menyimpan data menggunakan smartphone pun bisa dilakukan.

Tapi tunggu dulu, jika selama ini kalian berpikir bahwa smartphone merupakan tempat aman untuk menyimpan data-data penting, sepertinya kalian harus menarik kembali kata-kata tersebut. Sebab tak ada smartphone yang tidak memiliki celah pada keamanannya yang mana hal itu bisa saja dieksploitasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya adalah diretas.

Sedangkan cara untuk mencegahnya adalah paling tidak kita harus tahu bahwa smartphone kita saat itu sedang diretas. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengenali tanda-tanda smartphone diretas. Tanda-tandanya sebagai berikut:

Baterai Smartphone tiba-tiba Berkurang Drastis

Setiap smartphone tentu saja mempunyai kapasitas baterai yang berbeda-beda, akan tetapi kita tentu akan hapal berapa lama baterai smartphone yang kita gunakan bisa bertahan. Dan jika baterai kita tiba-tiba cepat habis dan perubahannya drastis tidak seperti biasanya, maka kita harus waspada. Sebab bisa saja ada sebuah aplikasi yang berjalan tanpa sepengetahuan kita. Aplikasi-aplikasi yang sering digunakan oleh peretas biasanya sejenis malware yang bisa mencuri data-data kalian.

Suhu Smartphone tiba-tiba menjadi Panas

Masih ada hubungannya dengan poin pertama tadi, adanya aplikasi yang berjalan secara background tentu akan membuat smartphone suhunya menjadi meningkat. Oleh karena itulah, jika kalian pernah mengalami hal itu segera cek smartphone kamu apakah ada aplikasi yang berjalan secara background, jika ada dan itu mencurigakan maka segera hentikan.

WiFi tiba-tiba menjadi Aktif dengan Sendirinya

Hal ini sering terjadi ketika seseorang berada di tempat umum, tiba-tiba fitur WiFi mereka aktif dengan sendirinya. Jika kalian juga mengalami hal semacam ini, maka waspadalah. Itu bisa saja tanda bahwa kalian saat itu sedang disadap menggunakan koneksi WiFi. Para peretas biasanya dapat dengan mudah memasukkan virus ke smartphone ktia menggunakan berbagai jaringan koneksi.

Ketika melakukan panggilan ada suara orang lain

Kasus penyadapan belakangan ini memang marak terjadi, dengan menyadap itu biasanya peretas bisa mengetahui percakapan rahasia antara pengguna smartphone. Dari situlah mereka bisa membobol sesuatu yang kita rahasiakan seperti rekening bank, kata-kata sandi akun bank virtual dan lain sebagainya. Nah kalau kalian curiga ada sesuatu yang aneh ketika melakukan panggilan baiknya jaga perkataan kita atau segera tutup dulu panggilannya.

Kuota internet cepat habis tidak sepert biasanya

Tidak hanya baterai saja yang tiba-tiba cepat habis, kuota internet yang cepat habis juga menjadi pertanda bahwa bisa jadi smartphone kalian diretas oleh orang lain. Sama seperti baterai tadi, kalian tentu hapal sekali berapa lama kalian bisa menghabiskan kuota internet milik kalian.

Itulah beberapa tanda smartphone diretas yang harus kita  ketahui demi menjaga keamanan. Selalu periksa system dan aplikasi yang saat itu sedang berjalan di smartphone kalian. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...