Presiden Mauritania Tersandung Kasus Kartu Kredit Tapi Tolak Mundur

Presiden Mauritania Tersandung Kasus Kartu Kredit Tapi Tolak Mundur

133
memuat...
Presiden Mauritis
Presiden Mauritis

Harianpost.co.id – Salah satu pemimpin Negara, Presiden Mauritis yaitu Ameenah Gurib-Fakim baru saja tersandung kasus kredit  dan malah menolak untuk mundur dari jabatannya padahal beberapa bari sebelum kasus itu Ameenah mengatakan akan mundur.

Menurut laporan yang didapatkan dari BBC pada hari Kamis (15/3/2018) Presiden di Afrika tersebut membantah bahwa dirinya telah melakukan kesalahan setelah dituding terlibat dalam skandal kredit. Pada kasus tersebut disebutkan bahwa Ameenah Gurib-Fakim telah mendapatkan keuntungan pribadi dari sebuah lembaga amal.

Perdana Menteri Pravind Jugnauth mengatakan bahwa Presiden Mauritis tersebut mengatakan ingin mundur dan hal itu sudah disepakati oleh beberapa staf kepemerintahan termasuk Pravind. Akan tetapi, ada pihak yang mengatakan bahwa Ameenah Gurib-Fakim telah mengembalikan keuntungan tersebut karena dianggap tidak sengaja menerimanya.

Perwakilan dari kantor kepresidenan juga sempat membantah pernyataan Pravind yang mengatakan bahwa presiden Ameenah Gurib-Fakim akan mundur dari jabatannya. “Yang mulia Ameenah Gurib-Fakim tidak memiliki alasan apapun untuk merasa bersalah dan memiliki bukti, sekaligus menolak untuk mengundurkan diri.”

Jika memang uang yang dianggap sebagai keuntungan pribadi itu sudah dikembalikan, hal itu tentu berbeda dari pernyataan sebuah media lokal L’Express yang menyebutkan bahwa Ameenah Gurib-Fakim sempat berbelanja di Italia, Dubai, Uni Emirat Arab dengan menggunakan kartu kredit dari Planet Earth Institute.

Planet Earth Institute adalah suatu lembaga amal yang berbasis di London, Inggris. Sementara belanja yang dilakukan oleh Ameenah Gurib-Fakim itu terjadi pada tahun 2016 lalu, dari aktivitas belanja tersebut kabarnya Ameenah Gurib-Fakim telah menghabiskan ribuan dollar AS.

Akan tetapi Ameenah Gurib-Fakim justru membantah laporan tersebut bahkan menyebut dirinya telah mengembalikan semua uang dari lembaga amal dan seraya mengatakan bahwa dirinya tidak memiliki hutang pada siapapun. Ameenah Gurib-Fakim juga menyayangkan mengapa isu tersebut baru dibahas sekarang sebab sudah berlalu setahun lebih. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...