Marak Penipuan Agen Travel Umrah, Pemerintah Tetapkan Biaya Minimal Umrah

Marak Penipuan Agen Travel Umrah, Pemerintah Tetapkan Biaya Minimal Umrah

238
memuat...

Harianpost.co.idBelakangan banyak terjadi kasus penipuan agen travel umrah dengan modus yang paling banyak adalah penawaran biaya umrah yang murah. Salah satu kasus yang menjadi sorotan publik adalah penipuan pada PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel) milik Anniesa Hasibuan dan Andika Surachman yang telah menipu puluhan ribu calon jemaah.

Menanggapi hal ini, pemerintah melalui Kementrian Agama merilis biaya umrah yang kurang lebih sebesar Rp 20 juta. Penetapan ini sebagai acuan agar tidak terjadi lagi kasus penipuan dengan modus biaya umrah yang murah. Dalam acara ‘Dialog Umroh 2018’, Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Kementrian Agama, M. Arfi Hatim mengungkapkan, “Dalam waktu dekat Kemenag akan tetapkan harga umrah sekitar Rp 20 juta dan ditetapkan dala waktu dekat.”

Menurut Arfi, biaya umrah dibawah Rp 20 juta sangat tidak logis karena harga penerbangan dari Jakarta ke Jeddah pada saat low session mencapai 12-13 juta dan belum termasuk biaya yang lainnya. Tak hanya itu, biro perjalanan umrah juga memiliki kewajiban untuk memberikan beberapa fasilitas, diantaranya manasik satu kali, akomodasi hotel tidak lebih dari 1 km dari Masjidil Haram, transportasi darat serta udara. “kalau ada yang tawarkan jauh tilak itu tak sesuai aturan. Lalu soal konsumsi prasmanan bukan nasi kotak, kemudian mendapatkan pembimbing.” Kata Arfi.

Arfi juga menghimbau masyrakat yang memiliki rencana untuk umrah agar berhati-hati dan tidak mudah percaya. “Harus ada perjanjian tertulis kedua belah pihak, didalamnya harus jelas kapan berangkatnya.” Tambahnya.

Komentar

Loading...