Sampah Di Teluk Jakarta Semakin Memprihatinkan, Begini Reaksi Pemprov DKI

Sampah Di Teluk Jakarta Semakin Memprihatinkan, Begini Reaksi Pemprov DKI

84
memuat...
Petugas sedang membersihkan sampah di sekitar hutan mangrove
Petugas sedang membersihkan sampah di sekitar hutan mangrove, foto: detikcom

Harianpost.co.id – Melihat bahwa kondisi Teluk Jakarta kian menyedihkan dan semakin dipenuhi dengan sampah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yusen Herdiman memberikan penjelasan tentang bagaimana cara mencegah agar sampah tidak lagi masuk ke Teluk Jakarta, salah satunya yaitu dengan memasang jarring-jaring di sekitar lokasi Teluk Jakarta.

Selain memasang jaring, perlu adanya pendidikan kepada masyarakat sekitar agar tidak membuang sampah sembarangan, untuk menertibkannya harus diadakan aturan sanksi jika ada seseorang yang membuang sampah sembarangan di sekitar Teluk Jakarta.

Yusen mengatakan, “Kata kuncinya edukasi kepada masyarakat agar tidak buang sampah ke Sungai. Tentang sanksi sudah ada di Perda No 3 tahun 2013 tentang pengelolaan sampah.” Di tempat lain, Suku Dinas Lingkungan Hidup Kepulauan Seribu terus melakukan program pembersihan sampah di Teluk Jakarta yang berada di kawasan Hutan Manggrove Jakarta Utara.

Untuk melakukannya pemerintah telah menurunkan sebanyak 400 orangserta dua alat berat amphibi, serta alat pengangkut lainnya untuk menyingkirkan sampah yang sudah lama menumpuk dan mengeluarkan bau busuk. Dari hari pertama pembersihan sampah itu sudah tercatat sekitar 15 ton sampah yang diangkut pada hari Minggu (18/3/2018).

Yusen kembali menjelaskan bahwa sampah-sampah tersebut nantinya akan digempur dan lokasi yang baru saja dibersihkan itu akan ditanami pohon mangrove guna mecegah terjadinya abrasi. Slamet Riyadi selaku Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara mengatakan bahwa tidak hanya pendidikan tentang buang sampah saja yang perlu diberikan kepada masyarakat sekitar akan tetapi juga kesadaran dari diri kita masing-masing tentang pentingnya menjaga kebersihan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...