Kamera Berusia 1 Abad Ini Harganya Rp 40 Miliar

Kamera Berusia 1 Abad Ini Harganya Rp 40 Miliar

86
memuat...
Kamera leica 0-series nomor 122
Kamera leica 0-series nomor 122, foto: Westlicht Photohraphica Auction/APA/dpa

Harianpost.co.id – Dunia fotografi sekarang ini menjadi bidang yang banyak digandrungi oleh masyarakat di berbagai kalangan, terutama bagi mereka yang memang memiliki hobi fotgrafi. Hal itu tidak lepas dari kemajuan teknologi di bidang pengambilan gambar dan sudah tertanam di berbagai jenis smartphone yang notabenenya mudah dibawa kemana-mana dan sekaligus multifungsi sebagai alat komunikasi.

Nah, bagi kalian yang juga mencintai dunia fotografi atau seorang fotografer sejati, pastinya kalian juga sudah tidak asing dengan kamera merk Leica. Kamera asal Jerman yang satu ini dari dulu memang terkenal dengan harganya yang tinggi, bahakn di setiap seri harganya selalu jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kamera merk lain di kelasnya.

Wajar jika banyak orang menganggap bahwa kamera Leica ini tergolong kamera senior dan juga dianggap sebagai barang yang mewah. Sekedar informasi saja, kamera Leica pertama kali dibuat pada tahun 1911 silam. Catatan itu tentu jauh sebelum kamera merk lain dibuat dan dipasarkan.

Di Negara asal kamera Leica ini diciptakan, yaitu Jerman, telah digelar sebuah acara pameran bertajuk The 32nd West Licht Camera Auction. Sebuah acara pameran yang sengaja digelar dan dimaksudkan untuk menarik perhatian para kolektor kamera kuno. Ada sesuatu yang mengejutkan pada acara pameran tersebut, yaitu hadirnya kamera Leica 0 series nomor 122 yang terpampang pada gallery atau stand milik Peter Coeln, Vienna Austria pada tanggal 12 Maret 2018.

Seperti yang diberitakan pada Leica Rumors pada hari Senin (19/3/2018), kamera kuno leica 0-seies nomor 122 itu kabarnya sudah terjual walaupun dibanderol dengan harga yang sangat fantastis, yaitu 2,4 Euro atau setara dengan uang sebesar 40,5 Miliar rupiah. Harga tersebut otomatis menjadi harga tawar yang paling tinggi di dunia dalam dunia kamera, dengan begitu kamera Leica 0-series nomor 122 itu dinobatkan sebagai kamera termahal di dunia.

Di awal tawaran, Kamera Leica 0-Series Nomor 122 ini ditawar dengan harga 300 ribu Euro dan kamera tersebut pernah menjadi koleksi pribadi oleh salah satu kolektor kamera asal benua Asia dan sekarang bahkan terjual dengan harga setinggi itu.

Tidak berlebihan jika Kamera Leica 0-Series Nomor 122 ini terjual dengan harga 40 miliar lebih, selain karena barangnya yang langka dan kuno, Kamera Leica 0-Series Nomor 122 ini memang memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh kamera lainnya, maka dari itulah harga itu sebanding.

Sekilas tentang Kamera Leica 0-Series Nomor 122

Kamera Leica 0-Series Nomor 122 ini mulai diproduksi pada tahun 1923, dua tahun sebelumnya sudah diperkenalkan kamera Leica pertama kali. Dan dikatakan sebagai kamera langka sebab keberadaannya di dunia ini hanya 25 buah saja. Ernst Leitz selaku creator kamera Leica ini memang sengaja hanya memproduksi sebanyak 25 unit saja sebab saat itu ia hanya ingin melakukan uji coba. Akan tetapi sungguh tidak disangka-sangka sebelumnya, bahwa 95 tahun kemudian kondisi Kamera Leica 0-Series Nomor 122 ini ternyata masih sangat bagus sekali.

Wajar jika kamera jadul Leica 0-Series Nomor 122 ini dipatok dengan harga yang sangat tinggi mengingat kondisinya yang masih sangat bagus sekali dan masih kuat. Kondisinya yang masih prima dan usianya yang hampir mencapai satu abad adalah satu satu keistimewaan dari Kamera Leica 0-Series Nomor 122. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...