Membersihkan Gigi Dan Gusi Bayi Yang Benar dan Aman

Membersihkan Gigi Dan Gusi Bayi Yang Benar dan Aman

52
memuat...
Membersihkan Gigi dan Gusi Bayi yang benar
Membersihkan Gigi dan Gusi Bayi yang benar

Harianpost.co.id – Gigi bayi yang tumbuh memang belumlah terlalu banyak namun bukan alasan untuk orang tua mengabaikan kebersihan gigi dan gusi pada bayi sejak dini. Itu karena kebersihan gigi dan gusi bayi sejak dini akan menentukan kesehatan mulutnya hingga mereka beranjak besar. Nah, jadi karena itulah penting sekali bagi semua orang tua untuk mencermati kebiasaan-kebiasaan yang bias membuat kesehatan mulut menjadi terganggu, dengan begitu kita menjadi tahu bagaimana cara Membersihkan Gigi Dan Gusi Bayi Yang Benar dan Aman.

Gigi dan gusi pada bayi itu fungsinya untuk membantu agar si Bayi bisa cepat belajar mengunyah makanan dan berbicara. Selain itu mulut yang tidak terjaga kesehatannya lama kelamaan akan menyebabkan gangguan gingivitis. Gingivitis adalah infeksi gusi yang akan membuat jarak pada sela-sela gigi suatu saat nanti.

Mulai Bersihkan Gigi Bayi Sejak Dini

Perlu kita tahu bahwa gigi bayi itu nanti akan digantikan oleh gigi permanen, sementara itu gigi bayi akan tumbuh antara usia 4 hingga 7 bulan, biasanya pertama kali tumbuh adalah gigi bagian depan. Dan kebersihan mulut bayi sebenarnya penting untuk dimulai sejak dini bahkan ketika gigi bayi belum tumbuh.

Bagamimana cara Membersihkan Gigi Dan Gusi Bayi Yang Benar dan Aman?

Memang ada aturannya sendiri tentang cara Membersihkan Gigi Dan Gusi Bayi Yang Benar dan Aman agar terhindar dari resiko yang berbahaya bagi si kecil. Berikut ini adalah beberapa cara Membersihkan Gigi Dan Gusi Bayi Yang Benar dan Aman yang perlu anda ketahui:

Membersihkan gusi dan gigi dengan kain lembut yang sedikit basah

Hal itu bisa anda lakukan ketika bayi selesai makan, selain menggunakan kain lembut anda bisa juga menggantinya dengan kain kasa, lilitkan pada jari lalu bersihkan gusinya perlahan-lahan.

Gunakanlah sikat gigi yang tepat

Sekarang ini sudah banyak sekali beredar sikat gigi yang khusus untuk bayi, dan itu bisa anda gunakan sebagai pengganti kain kasa tadi. Anda bisa memilih sikat gigi bayi yang lembut dan ujungnya kecil.

Usahakan kebiasaan menidurkan bayi dengan botol susu

Selama ini masih banyak sekali orang tua yang memiliki kebiasaan menidurkan anak-anak mereka dengna memberikan botol susu serta membiarkannya tetap berada di mulut bayi selama bayi tersebut tidur. Perlu anda tahu bahwa dot yang berada di dalam mulut tersebut berpotensi membuat gigi bayi berlubang.

Bersihkan dot bayi secara rutin

Dot bayi juga sangat penting untuk diperhatikan agar dibersihkan secara rutin. Usahakan ketika bayi sudah berusia 2 tahun, hentikan penggunakan dot dan jangan biasakan mereka menghisap jempol, dua kebiasaan tersebtu berpotensi membuat gigi tidak sehat dan tidak rata.

Secara rutin Berikan air mineral

Ketika bayi sudah berusia 1 tahun, sebaiknya mulai berika pada mereka air mineral ketika mereka makan. Agar mereka tidak menolak, tambah perasa pada air mineral tersebut, air mineral yang kita berikan itu adalah sebagai pengganti susu.

Menjaga kesehatan gigi dan gusi pada bayi juga bermanfaat bagi perkembangan rahang si bayi. Jadi selalu konsultasikan perkembangan gigi mereka kepada dokter ahli agar anak-anak kita memiliki mulut yang sehat. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...