Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Yang Sering Disepelekan

Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Yang Sering Disepelekan

90
memuat...
Manfaat air kelapa untuk ibu hamil
Manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Harianpost.co.id – Hampir semua wanita terutama yang sedang atau pernah hamil pasti pernah mendengar tentang manfaat air kelapa yang bisa membuat kulit si bayi menjado lebih putih dna membuat pertumbuhan rambut janin menjadi lebih lebat serta warnanya hitam. Namun begitu ada sebagian orang yang menganggap bahwa itu hanyalah mitos saja namun sebagian lagi ada yang mempercayainya. Akan tetapi memang ada beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang disepelekan namun bisa dibuktikan khasiatnya secara nyata.

Bicara soal air kelapa, saat ini memang banyak sekali minuman-minuman yang menggunakan air kelapa untuk mengangkat nilai harganya. Tak jarang minuman dengan air kelapa itu disebut-sebut sebagai minuman hidrasi super. Namun bagi anda yang sedang hamil dan ingin mengkonsumsi air kelapa, usahakan untuk minum air kelapa asli dan bukan minuman yang mempunyai rasa kelapa.

Mengapa air kelapa sangat  bermanfaat untuk Ibu Hamil?

Ibu hamil sangat diperbolehkan untuk mengkosumsi air kelapa selama masa kehamilan, sebab air kelapa memang mempunyai banyak sekali manfaatnya bagi ibu hamil itu sendiri serta untuk janin yang berada di dalam kandungan. Di bawah ini adalah beberapa manfaat air kelapa untuk ibu hamil yang sering disepelekan:

Air kelapa sebagai Sumber elektrolit dan antioksidan

Di dalam air kelapa itu terdapat kandungan elektrolit sehingga air kelapa dipercaya bisa menggantikan asupan elektrolit yang sudah terbuang ketika ibu hamil mengalami muntah-muntah atau ketika mengalami morning sickness. Selain itu, air kelapa juga mengandung antioksidan yang bisa membantu memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Air kelapa dapat Membantu mengurangi kelelahan

Kandungan zat elektrolit yang terdapat di dalam air kelapa itu juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang sehingga seseorang termasuk ibu hamil bisa terhindar dari dehidrasi, dengan begitu ibu hamil juga tidak akan mudah lelah.

Air kelapa sebagai pencegah terjadinya infeksi saluran kencing

Seorang ibu hamil biasanya akan sering mengeluh tentang infeksi saluran kencing, hal itu disebabkan karena adanya perubahan pada hormone serta terjadinya perkembangan rahim yang membuat kandung kemih menjadi tertekan. Sementara itu air kelapa bisa berperan sebagai diuretic alami yang membantu ibu hamil untuk mengeluarkan urine. Dengan begitu infeksi asluran kemih akan semakin kecil kesempatannya.

Air kelapa untuk melancarkan sirkulasi darah

Manfaat yang paling penting dari air kelapa adalah untuk mengurangi terjadinya rasa pegal dan nyeri sebagai akibat dari sirkulasi darah yang kurang optimal. Proses sirkulasi darah yang tidak normal tersebut, maka akan sangat beresiko ibu hamil tidak akan bisa mendapatkan oksigen yang cukup. Sedangkan zat kalium dan magnesium yang terdapat pada air kelapa tersebut bisa membantu memompa darah menuju ke seluruh tubuh dari jantung.

Hal-hal yang perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi air kelapa

  • Jangan terlalu berlebih mengkonsumsi air kelapa sebab apapun yang anda konsumsi, jika itu porsinya berlebihan justru akan berakibat buruk
  • Hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung perasa air kelapa atau tidak asli
  • Usahakan mengkonsumsi air kelapa dalam kondisi yang masih segar atau habis di belah
  • Bagi ibu hamil, tidak perlu memaksakan diri untuk mengkonsumsi air kelapa hanya ingin mendapatkan bayi yang berkulit putih dan berambut hitam lebat. Sebab itu tidak bisa dibuktikan secara medis. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...