Daftar Wisata Religi Di Mataram Yang Dilirik Malaysia

Daftar Wisata Religi Di Mataram Yang Dilirik Malaysia

192
memuat...
Makam Wali Nyatoq
Makam Wali Nyatoq

Harianpost.co.id – Selama ini Lombok kita kenal sebagai wilayah yang kaya dengan panorama indahnya, namun ternyata tak hanya wisata alamnya saja yang terkenal, Lombok juga memiliki beberapa situs wisata religi yang juga dijadikan ikon masyarakat Lombok, terutama di kota Mataram. Beberapa diantara wisata religi di kota Mataram itu bahkan sudah terkenal hingga Negara tetangga, Malaysia.

Saking terkenalnya bahkan warga setempat mengatakan bahwa setiap harinya kira-kira ada sekitar 200 turis asing serta domestic yang datang ke kota Mataram untuk beribadah. Beberapa diantaranya juga ada yang hanya ingin tahu dan mengunjungi wisata religi di Mataram. Salah satu wisata religi yang menjadi daya tarik wisatawan adalah keberadaan Masjid Hubbul Watthan dengan gaya bangunan atau arsitektur yang unik, di lokasi Masjid tersebut juga terdapat sebuah menara dengan tinggi 99 meter yang dinamakan Menara Asmaul Husna.

Masih ada beberapa wisata religi lainnya di kota Mataram selain Masjid Husbul Watthan. Mau tau apa saja wisata religi tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

Wisata religi Masjid Hubbul Wathan

Masjid Hubbul Wathan
Masjid Hubbul Wathan

Masjid Hubbul Watthan ini masih terletak di satu kawasan dan juga merupakan bagian dari NTB Islamic Center, yaitu pusat religi di kota Mataram. Dikatakan arsitekturnya menarik karena terlihat seperti gabungan dari Masjid Eropa dan Timur Tengah, selain itu hal menarik lainnya adalah bedirinya empat menara tinggi yang salah satunya bernama menara Asmaul Husna dengan ketinggian 99 meter. Tapi kalian perlu ingat bahwa kalian akan dikenakan biaya sebesar 3 ribu rupiah untuk bisa menaiki menara tersebut dan kalian bisa menikmati keindahan kota Mataram dari ketinggian.

Wisata religi Makam Selaparang

Makam Selaparang
Makam Selaparang

Dari pusat kota Mataram, kita akan langsung meluncur ke Kampung Presak di desa Selaparang. Di desa tersebut terdapat sebuah tempat yang dijadikan sebagai makam raja-raja Lombok terdahulu. Jaraknya dari kota mataram adalah sekitar 55 kilometer, mengingat bahwa tempat tersebut adalah lokasi pemakaman raja-raja Lombok, tentu tempat ini adalah tempat yang bersejarah. Ya, dari carita masyarakat Lombok, wilayah  Selaparang dulu adalah kerajaan terbesar yang di  Lombok.

Wisata religi Makam Batu Layar

Makam Batu Layar
Makam Batu Layar

Selain tempat religi, Lombok juga memiliki sejarah religi yang mana di Lombok juga menjadi salah satu tempat penyebaran agama Islam, sedang tokoh agama yang menyebarkan agama Islam di Lombok adalah Sayid Duhri Al Hadad Al Hadrami. Beliau termasuk ulama yang cukup disegani dan pernah singgah di Batu Layar. Batu Layar adalah salah satu desa yang berada di Lombok Barat, disitu kalian akan menemukan sebuah bangunan besar yang oleh orang-orang setempat disebut sebagai Makam Batu Layar. Namun perlu dicatat dengan baik bahwa Makam Batu Layar itu sebenarnya bukanlah tempat makam Sayid Duhri Al Hadad Al Hadrami, makam batu layar hanyalah sebuah tanda bahwa beliau pernah singgah dalam waktu yang lumayan lama di situ.

Wisata religi Makam Wali Nyatoq

Makam Wali Nyatoq
Makam Wali Nyatoq

Kata Nyatoq berasal dari kata Nyata. Dikatakan seperti itu sebab masyarakat Lombok sangat yakin bahwa keberadaan Wali Nyatoq ini bukanlah sekedar cerita dongeng semata, tapi nyata. Wali Nyatoq sendiri diyakini oleh masyarakat Lombok masih memiliki garis keturunan dari orang Arab, Makam Wali Nyatoq ini lokasinya berjarak sekitar 49 kilometer dari pusat kota Mataram. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...