Olahraga Setelah Operasi Caesar Rekomendasi Dari Dokter

Olahraga Setelah Operasi Caesar Rekomendasi Dari Dokter

540
memuat...
Gerakan Olahraga setelah melahirkan
Gerakan Olahraga setelah melahirkan

Harianpost.co.id – Operasi Caesar beberapa tahun terakhir ini justru menjadi pilihan utama bagi sebagian ibu-ibu yang ingin melahirkan. Bagi mereka yang memilih jalan operasi ketika melahikan memang harus bersabar saat memasuki masa-masa pemulihan pasca melahirkan. Itu disebabkan karena Operasi Caesar pada umumnya butuh waktu sedikit lebih lama dari pada melahirkan secara normal.

Perlu anda tahu bahwa waktu istirahat pasca melahirkan kurang lebih hamper sama dengan lamanya ibu mengandung bayi atau minimal seorang ibu perlu waktu untuk istirahat sekitar 1,5 bulan pasca Operasi Caesar. Setelah itu barulah seorang ibu bias memulai untuk beraktivitas seperti seperti biasanya namun itupun masih ada batasan-batasannya.

Untu mengawali aktivitas ada baiknya ibu melakukan olahraga terlebih dulu dengan gerakan-gerakan ringan. Setelah itu ibu boleh melakukan hobi sebelumnya seperti renang atau bersepeda. Akan tetapi tetap lebih baik jika kita tanyakan pada dokter terlebih dahulu tentang kondisi fisik kita.

Barulah sekitar 4 atau 6 bulan pasca melahirkan, seorang ibu diperbolehkan untuk melakukan olahraga guna mengencangkan kembali otot dan membentuk tubuh kembali seperti semula.

Beberapa Gerakan Olahraga Setelah Operasi Caesar Rekomendasi Dokter

Melakukan olahraga setelah melahirkan itu memang membawa dampak yang sangat positif kesehatan tubuh ibu dan juga bagi mereka yang ingin menjaga tubuh agar tetap ideal. Beberapa manfaat melakukan olahraga setelah melahirkan antara lain bisa megurangi resiko cedera kembali, bisa membantu mempercepat pemulihan setelah operasi dan yang paling banyak dicari adalah otot perut akan kembali seperti semula sebelum mereka hamil.

Di bawah ini adalah beberapa gerakan olahraga setelah melahirkan yang sudah direkomendasikan oleh para dokter:

Gerakan Peregangan

Fungsi gerakan ini adalah untuk meredakan atau mengurangi ketegangan serta mengembalikan flesibilitas kulit dan tubuh. Lakukanlah gerakan ini selama 10 kali dalam satu hari selama setengah jam. Gerakan peregangan tersebut bisa dilakukan dengan cara duduk tegak lalu memutar bahu ke sampig kanan dan kiri selama 20 kali.

Melakukan Pernapasan perut

Untuk malakukan pernapasan perut ini bunda tidak perlu pergi ke tempat gym, bahkan bunda bisa melakukannya di atas tempat tidur atau di depan TV sambil mnikmati acara televisi. Caranya yaitu dengan berbaring dan meletakkan tangan di atas perut, kemudian tarik nafas lewat hidung, tahan selama beberapa detik dan lepaskan menggunakan mulut secara perlahan-lahan. Lakukan gerakan ini selama tiga kali dalam sehari.

Melakukan senam Kegel sambil duduk

Senam kegel memang sudah sangat terkenal akan manfaatnya bagi ibu hamil. Fungsinya adalah untuk mengencangkan dasar panggul serta bisa membantu bunda untuk mengontrol urine setelah melahirkan. Cara melakukaknnya adalah dengan duduk di tepi kursi, letakkan kaki menapak di lantai barulah bunda bisa mengencangkan otot dasar panggul seperti ketika bunda hendak menahan untuk buang air kecil. Tahan selama beberapa detik, sesuai dengan keinginan bunda masing-masing.

Lakukakn gerakan Squat dinding

Squat dinding adalah gerakan senam denga berdiri di dekat dinding dengan cara menyandarkan punggung bunda kedinding dengan posisi lutut ditekuk seperti saat kita sedang duduk serta bersandar pada dinding. Pastikan bahwa lutut bunda sudah tertekuk hingga 90 derajat, sambil menarik nafas dalam-dalam, ketika menghembuskan nafas, taarik perut untuk tetap menempel pada dinding. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...