Waspada Gejala Stroke Infark di Usia Muda

Waspada Gejala Stroke Infark di Usia Muda

88
memuat...
Gejala Stroke Infark
Gejala Stroke Infark

Harianpost.co.id – Dalam dunia medis, Stroke infark memiliki banyak istilah lainnya, diantaranya adalah infrak serebral, stroke iskemik atau stroke non-hemoragik. Stroke infark merupakan sebuah kondisi dimana telah terjadi kerusakan jaringan pada otak sebagai akibat cukupnya suplai oksigen. Sedikitnya suplai oksigen itu disebabkan karena terjadi penyumbatan aliran di area jaringan otak.

Dikatakan sebagai stroke iskemik atau stroke non-hemoragik karena Stroke infark memang berbeda dengan stroke hemoragik sebab pada Stroke infark ini disertai dengan pendarahan. Parahnya lagi adalah bahwa Stroke infark ini ternyata tidak hanya menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut seperti pada umumnya stroke.

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa Stroke infark ini bisa terjadi pada orang-orang yang masih berusia muda yaitu sekitar usia 15 sampai 55 tahun dengan resiko yang berbeda-beda seperti contohnya diabetes, hipertensi, jantung serta kebiasaan mengkonsumsi alcohol dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengenali Gejala Storke Infark

Stroke menjadi salah satu gangguan tubuh yang tergolong darurat, oleh sebab itulah stroke memerlukan penanganan yang cepat dan tepat. Manfaat dari penanganan sejak dini terhadap penyakit Stroke infark adalah untuk meminimalkan terjadinya kerusakan otak serta potensi terjadinya komplikasi.

Jadi, kita sangat dianjurkan untuk tetap waspada terhadap gejala-gejala stroke, sehingga kita bisa segera memeriksakannya ke dokter atau langsung menuju UGD di rumah sakit. Bagaimana cara megnenali gejala Stroke infark? Berikut ini adalah beberapa hal yang menunjukkan seseorang mengalami Stroke infark:

Wajah, lengan dan tungkai mengalami kelemahan, kelumpuhan serta mati rasa

Gejala yang satu ini biasanya akan muncul secara mendadak, pada umumnya seseorang baru akan menyadarinya ketika mereka kesulitan untuk menggerakkan sala satu sisi tubuh. Gejalanya adalah ketika mereka tidak bisa menggenggam dengn erat pada salah satu tangannya.

Sulit untuk berbicara serta merasa kesulitan memahami ucapan orang lain

Gejala ini biasanya akan membuat seseornag merasa kesulitan mencerna kata-kata orang lain bahkan terkadang sulit mencerna kata-kata sendiri.

Mengalami gangguan penglihatan pada kedua matanya

Mata buram dan kabur dalam waktu yang lama juga menjadi salah satu gejala seseorang mengalami Stroke infark. Ini adalah gejala yang paling sering terjadi dan dialami oleh para penderita stroke.

Merasa Kesulitan berjalan

Merasa sulit berjalan dikarenakan mereka telah kehilangan keseimbangan atau tidak adanya koordinasi antara anggota tubuh yang satu dengan yang lainnya ketika mereka berjalan. Hal ini biasanya juga disertai dengan rasa pusing secara mendadak.

Sakit kepala mendadak tanpa ada sebabnya

Rasa sakit kepala mendadak ini biasanya parah, terkadang disertai dengan muntah-muntah dan kesadarannya menjadi menurun.

Itulah beberapa gejala Stroke infark yang sering terjadi dan anak-anak muda di jaman sekarang ini banyak yang sudah terserang penyakit stroke. Hal itu kebanyakan disebabkan karena faktor makanan dan kebiasaan. (www.harianpost.co.id)

Komentar

Loading...