10 Daftar Gunung Indonesia yang Cocok Untuk Didaki

10 Daftar Gunung Indonesia yang Cocok Untuk Didaki

1121
memuat...

Gunung-Prau-10-Daftar-Gunung-Indonesia-yang-Cocok-Untuk-Didaki

Harianpost.co.id Menjadi Negara yang berada diantara wilayah seismik paling aktif di dunia atau yang lebih dikenal dengan The Ring of Fire tentu menjadikan Indonesia menjadi negara yang dikelilingi oleh banyak gunung berapi. Namun untuk para petualang sejati, menakhlukkan diri sendiri dan menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang berada di atas awan merupakan pengalaman yang sangat menarik untuk dicoba.

Walaupun terdapat banyak gunung yang menghiasi Indonesia, namun terdapat 10 gunung yang cocok untuk dijadikan alternatif pendakian. Berikut ulasannya:

  1. Anak Gunung Krakatau, Selat Sunda (230 mdpl)
Anak Gunung Krakatau
Anak Gunung Krakatau

Ledakan gunung krakatau yang terjadi pada tahun 1883 merupakan kejadian yang masuk dalam sejarah dunia. Gunung berapi baru, muncul dan terus tumbuh setelah letusan mematikan tersebut berakhir. Dari gunung yang hanya memliki ketinggian 230 mdpl, sensasi mendaki bertambah dengan menyaksikan pemandangan menakjubkan si Rakata tua.

  1. Gunung Batur, Bali (1.717 mdpl)
Gunung-Batur-10-Daftar-Gunung-Indonesia-yang-Cocok-Untuk-Didaki
Gunung Batur

Gunung Batur dipercaya sebagai tempat suci oleh masyarakat Bali. Gunung berapi kecil ini memiliki kawah besar ditengah yang menghadap Danau Batur. Untuk mendaki gunung ini, hanya diperlukan waktu satu hari saja.

  1. Gunung Sibayak, Berastagi, Sumatera Utara (2.212 mdpl)
Gunung Sibayak
Gunung Sibayak

Gunung yang termasuk dalam kategori stratovolcano. Karena ketinggiannya hanya sekitar 2.212 mdpl, maka Gunung Sibayak merupakan gunung yang cocok dijadikan pendakian singkat selama sehari. Terdapat lubang uap yang menghasilkan suara menggelegar. Selain itu, disini para pendaki juga dapat menikmati air panas alami.

  1. Gunung Prau, Wonosobo, Jawa Tengah (2.565 mdpl)
Gunung-Prau-10-Daftar-Gunung-Indonesia-yang-Cocok-Untuk-Didaki
Gunung Prau

Gunung Prau sebenarnya bukan merupakan gunung berapi yang aktif akan tetapi berdiri di sebuah kompleks gunung berapi besar, yaitu Dieng Plateau. Untuk mendaki Gunung Prau, hanya diperlukan pendakian singkat untuk mencapai puncaknya. Walaupun demikian, pemandangan dari puncak terlihat begitu menakjubkan. Dari puncak, kita dapat melihat dua gunung yang menjulang tinggi. Gunung tersebut yaitu Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

  1. Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat (2.665 mdpl)
Gunung Papandayan
Gunung Papandayan

Gunung Papandayan merupakan gunung yang paling dekat dengan Ibukota Indonesia. Untuk mendaki gunung tersebut memerlukan waktu sekitar dua hari. Namun tak menutup kemungkinan waktu yang dibutuhkan akan bertambah apabila kalian ingin menikmati keindahan Papandayan lebih lama. Gunung ini sangat cocok untuk para pendaki pemula. Keunikan dari gunung ini yaitu adanya Tegal Alun, suatu tempat yang terdapat hutan mati dan padang edelweiss.

  1. Gunung Bromo, Jawa Timur (2.845 mdpl)
Gunung Bromo
Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan destinasi populer yang terletak di Jawa Timur. Para wisatawan yang datang pasti akan terkesima dengan keindahan yang diberikan oleh deretan pegunungan yang terdiri dari gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru. Untuk mempermudah pendakian, terdapat tangga – tangga yang sengaja dibuat untuk mempermudah proses pendakian.

  1. Gunung Merbabu, Jawa Tengah (3.145 mdpl)
Gunung Merbabu
Gunung Merbabu

Gunung Merbabu sering disebut sebagai kembaran dari Gunung Merapi di Yogyakarta. Dalam proses pendakian, jika para pendaki beruntung, kalian akan bisa menikmati matahari terbit terbaik lengkap dengan awan cumulus yang membentuk tempat tidur yang nyaman. Puncak Syarief dan Puncak Kenteng Songo merupakan dua puncak Gunung Merbabu.

  1. Gunung Semeru, Jawa Timur (3.677 mdpl)
Gunung Semeru
Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung berapi tertinggi di Jawa. Dengan ketinggiannya, diperlukan waktu pendakian hampir satu minggu untuk para pemula. Pendakian yang diawali dari ranu pane hingga kalimati, jalur yang harus ditempuh cukup mudah, hanya memerlukan energi ekstra karena jalurnya yang panjang. Namun, dari basecamp terakhir hingga puncak, jalur yang harus dilalui cukup sulit. Jalur berpasir dan berbatu serta tanjakan sangat curam harus ditempuh. Namun pemandangan yang disuguhkan dari puncak Semeru akan membayar semua usaha tersebut. Sebagai informasi, di basecamp kedua dapat dinikmati keindahan danau alami yang biasa disebut dengan Ranu Kumbolo.

  1. Gunung Rinjani, Lombok (3.727 mdpl)
Gunung Rinjani
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi yang paling indah di Indonesia. Gunung ini juga memiliki danau kawah. Untuk mendaki gunung tersebut, ada dua rute pendakian yaitu Sembalun dan Senaru. Rute Sembalun akan lebih banyak melewati padang savana sedangkan jalur Senaru banyak melewati hutan hujan tropis. Bagi para pendaki, mengunjungi danau segara anak dan Gunung Baru akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Jangan lupa pula untuk menikmati berendam air panas yang terdapat di tempat tersebut.

  1. Gunung Kerinci, Jambi (3.805 mdpl)
Gunung Kerinci
Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia. Gunung yang memiliki tinggi 3.805 mdpl. Gunung ini juga merupakan tempat bagi spesies yang terancam punah yaitu Harimau Sumatera dan Badak Sumatera. Perkebunan teh segar terdapat di kaki Gunung Kerinci. Selain itu, dari puncak kita bisa menikmati pemandangan indah dari Danau Gunung Tujuh.

Komentar

Loading...