6 Buah dan Sayur yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tanpa Perlu Dikupas

6 Buah dan Sayur yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tanpa Perlu Dikupas

554
memuat...

Penjual-Makanan-Online-Menjamur-Kemendag-Sulit-Beri-Pengawasan

Harianpost.co.id Sudah menjadi hal yang lumrah apabila seseorang mengupas kulit buah dan sayur sebelum dikonsumsi. Namun ternyata beberapa jenis kulit dan buah yang biasa dihindari justru memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh. Tidak percaya? Berikut daftar sayur dan buah tersebut!

  1. Wortel – Menurut beberapa penelitan yang telah dilakukan, wortel banyak mengandung polyacetylenes yaitu salah satu senyawa kimia yang berpotensi untuk membunuh kanker. Selain itu diyakini pula polyacetylenes mengandung antibakteri, antijamur dan memiliki efek anti-inflamasi. Senyawa polyacetylenes terkonsentrasi tepat di bawah kuli wortel tersebut. Oleh sebab itu, untuk tetap mendapatkan manfaat dari polyacetylenes, tidak perlu mengupas wortel sebelum mengkonsumsinya. Apabila memang benar–benar tidak menghendaki adanya kult buah, kulit bisa mengupasnya sangat tipis setelah mencuci bersih dibawah air mengalir. Selain itu, salah satu varietas wortel juga disebutkan banyak mengandung anthocyani, antioksidan yang juga terdapat di buah blueberry.
  1. Terong – Nasunin merupakan antioksidan yang dipercaya banyak terkandung pada kulit terong. Nasunin merupakan bagian salah satu antioksidan yaitu flavonoid. Menurut sebuah studi terhadap hewan percobaan yang telah dipublikasikan di U.S National Library of Medicine and National Institute of Health menunjukkan bahwa nasunin dapt membantu menjaga sehatnya jaringan otak.
  1. Apel – Apel selama ini memang terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Mengupas kulit saat mengkonsumsinya memang tidak akan mengurangi kandungan vitamin C dalam buah tersebut. Akan tetapi, Anda akan kehilangan sebuah serat larut yang bernama pektin. Pektin berguna untuk menstabilkan dan menurunkan LDL kolesterol dan gula darah. Selain itu, serat larut ini juga memiliki fungsi untuk memperlambat proses pencernaan sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.
  1. Anggur – Anggur dipercaya banyak mengandung resveratrol, fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan otak. Studi yang dilakukan pada hewan percobaan menunjukkan bahwa resveratrol bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker.
  1. Timun – Kulit mentimun banyak mengandung magnesium, fosfor, kalium, kalsium, vitamin A dan vitamin K. Menurut informasi, ternyata serat pada timun justru banyak yang terkandung bagian kulitnya, sebaliknya daging buah timun justru banyak mengandung air.
  1. Kentang – Para peneliti dari University of Maine menemukan fakta bahwa kulit kentang mengandung antioksidan 5 sampai 10 kali lebih banyak. Selain itu, dibanding dengan daging buahnya, kulit kentang ternyata mengandung lebih banyak mengandung zat besi, serat dan asam folat.

Komentar

Loading...