Tanda-Tanda Hamil Anak Kembar Yang Perlu Anda Ketahui

Tanda-Tanda Hamil Anak Kembar Yang Perlu Anda Ketahui

172
memuat...
Tanda-tanda Hamil Anak Kembar
Tanda-tanda Hamil Anak Kembar

Harianpost.co.id – Sebagian ibu hamil memang ada yang mengharapkan bahwa mereka akan memiliki anak kembar, tapi sebagian lagi ada yang biasa-biasa saja. Bahkan ada juga orang yang secara tidak pernah mengira bahwa mereka akan melahirkan bayi kembar karena memagn tidak mengetahui bagaimana ciri-ciri hamil anak kembar. Ketika seorang ibu mengandung bayi kembar di dalam perutnya, sebenarnya sama sekali tidak ada gejala yang berbeda dari hamil biasanya. Hanya saja gejala tersebut lebih terasa ketika seorang ibu mengandung bayi kembar.

Bagi ibu yang rajin memeriksakan kandungannya ke dokter atau bidan tentu mereka akan tahu bahwa mereka sedang mengandung bayi kembar dengan cara di USG pada trimester pertama. Bahkan tanpa USG pun sebenarnya sudah bisa diketahui dengan memperhatikan tingkat mual atau morning sickness yang lebih terasa dua kali lipat dari kehamilan biasa.

Ciri-ciri mengandung bayi kembar yang biasanya muncul

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kita jadikan patokan untuk mengetahui bahwa seorang ibu sedang hamil bayi kembar:

Rasa mual yang terjadi terasa lebih berat dari hamil biasanya

Soal morning sickness atau mual-mual pada ibu hamil sebenarnya sudah menjadi persoalan yang wajar terjadi sebab hampir 80 persen ibu hamil dipastikan mengalami gejala morning sickness ketika masa kehamilan. Akan tetapi ketika ibu sedang mengandung anak kembar, rasa mual yang dirasakannya akan terasa lebih berat dari hamil biasa. Itu karena jumlah hormon HCG lebih tinggi dari pada kehamilan bayi tunggal atau kehamilan seperti biasanya.

Terjadi kenaikan berat badan secara drastis

Salah satu ciri-ciri ibu akan mengandung bayi kembar juga bisa ditandai dengan naiknya berat badan secara drastis. Bahkan jika kita mau membandingkan perbedaan kehamilan bayi tunggal dengan kehamilan bayi kembar di usia kehamilan yang sama, maka ibu yang mengandung bayi kembar berat badannya bisa naik 4,5 kg lebih berat dari ibu yang mengandung bayi tunggal.

Perubahan perut menjadi lebih besar

Ciri-ciri yang paling mudah dan paling menonjol antara kehamilan tunggal dengan kehamilan bayi kembar adalah ukuran perut. Tentu ibu yang sedang mengandung bayi kembar ukuran perutnya menjadi dua kali lebih besar dari kehamilan tunggal di usia kehamilan yang sama. Tidak perlu dipertanyakan lagi mengapa sebab di dalam perutnya terdapat dua bayi yang sedang berkembang.

Rasa lelah yang dirasakan semakin hebat

Hal yang wajar-wajar saja jika ibu hamil mudah merasa lelah, akan tetapi untuk ibu yang sedang hami bayi kembar biasanya rasa lelah yang dirasakan itu akan berlipat-lipat dibandingkan ibu hamil tunggal. Energi yang diserap oleh dua bayi di dalam kandungan jauh lebih besar dan oleh karena itulah ibu hamil kembar akan mudah merasakan lelah. Selain itu juga ibu yang mengandung bayi kembar juga jauh lebih besar mengeluarkan tenaga karena tentu saja kandungan terasa dua kali lebih berat.

Sering mengalami sesak napas

Ibu hamil bayi kembar akan mengalami sesak napas yang lebih buruk lagi dari pada ibu yang mengandung bayi tunggal. Hal itu disebabkan karena kadar hormon progesteron yang ada di dalam tubuh ibu sangat tinggi dengan adanya dua bayi yang ada di dalam tubuhnya sehingga menyebabkan terdorongnya diafragma. Inilah penyebab ibu merasa sangat tidak nyaman ketika bernapas.

Detak jantung menjadi lebih cepat

Ketika seorang ibu mengandung anak kembar maka tentu saja ia akan mengalami peningkatan volume darah hingga mencapai 70 persen, hal inilah yang pada akhirnya menyebabkan jantung ibu hamil itu akan bekerja lebih keras lagi dan berdetak lebih kencang dari sebelumnya. Peningkatan volume darah tersebut disebabkan karena adanya peningkatan berat bada dan juga adanya bayi kembar di dalam tubuhnya.

Rasa tidak nyaman yang teramat sangat

Orang yang sedang hamil biasanya merasa tidak nyaman ketika bergerak maupun ketika ingin tidur, dan orang yang mengandung bayi kembar dua kali merasa tidak nyaman dari kehamilan tunggal. Biasanya rasa tidak nyaman itu akan dibarengi dengan rasa pegal-pegal pada bagian kaki serta punggung. Hal ini dipengaruhi dari berkembangnya berat badan yang drastis.

Nah itulah beberapa tanda-tanda ibu hamil anak kembar yang perlu anda perhatikan. Dan pesan kami, jagalah kesehatan sebaik mungkin agar terhindar dari komplikasi kehamilan dan tetaplah memeriksakan kandungan ke dokter kandungan secara rutin untuk memantau perkembangan bayi di dalam kandungan.

Komentar

Loading...