Oleh-oleh Khas Pacitan dari Tuna Yang Wajib Kalian Coba

Oleh-oleh Khas Pacitan dari Tuna Yang Wajib Kalian Coba

92
memuat...
Oleh-oleh khas pacitan dari ikan tuna
Oleh-oleh khas pacitan dari ikan tuna

Harianpost.co.id – Sudah pernah berkunjung ke Pacitan? Wilayah tersebut merupakan salah satu tempat tinggal mantan presiden RI Susiolo Bambang Yudhoyono lho. Dan sudah banyak yang tahu bahwa di kota Pacitan ini banyak tersimpan keindahan alam yang mempesona salah satunya adalah pantai di Pacitan yang terkenal dengan panoramanya.

Selain pantainya, Pacitan ternyata juga dikenal karena oleh-oleh khas pacitan, salah satu oleh-oleh khas pacitan yang hingga sekarang banyak sekali di buru masyarakat dan wisatawan adalah tahu tuna. Kita tahu bahwa tuna rasanya tentu sangat nikmat dan penuh dengan gizi serta sangat bagus untuk perkembangan otak karena mengandung banyak protein. Nah, ternyata oleh-oleh khas pacitan yang terbuat dari ikan tuna itu bukan hanya tahu tuna saja lho guys, jenisnya banyak sekali.

Berikut ini adalah beberapa oleh-oleh khas pacitan dari Tuna yang wajib kalian coba dan kalian bawa pulang:

Oleh-oleh khas pacitan, Tahu Tuna

Untuk oleh-oleh yang satu ini sudah sedikit dijelaskan diatas bahwa tahu tuna menjadi oleh-oleh favorit wisatawan yang berkunjung ke pacitan. Tahu tuna ini merupakan makanan yang mana di dalam tahu tersebut sudah diisi oleh olahan ikan tuna, cara mengolahnya kebanyakan digoreng dan rasanya memang sangat nikmat sekali.

Oleh-oleh khas pacitan, Lumpia Tuna

Selain tahu tuna ada lagi lumpia tuna. Hampir sama dengan tahu tuna, lumpia tuna ini adalah olahan tepung yang didalamnya berisi olahan ikan tuna yang sudah dicampur dengan bumbu-bumbu serta diberi tepung. Oleh-oleh ini biasanya selalu dijual dalam kondisi beku agar kondisinya tetap segar. Lumpia tuna ini sangat cocok sekali jika dijadikan cemilan ketika perjalanan atau juga bisa digunakan sebagai lauk.

Oleh-oleh khas pacitan, Martabak Tuna

Di daerah kalian mungkin sudah banyak sekali makanan martabak, biasanya martabak yang berada di sekitar kita itu adalah martabak telur. Akan tetapi martabak dari pacitan sangat berbeda dari martabak lainnya, martabak tuna. Bagaimana rasanya? Jika dibandingkan dengan martabak daging ayam atau daging sapi, rasa martabak tuna ini tidak kalah enaknya bahkan bisa jadi sedikit lebih nikmat, gurih, dan selalu bikin ketagihan.

Oleh-oleh khas pacitan, Otak-otak Tuna

Masih sekitar tuna, dan kali ini oleh-oleh khas pacitan selanjutnya adalah otak-otak tuna yang bisa kalian tambahkan ke dalam daftar oleh-oleh untuk dibawa pulang. Makan ini menjadi favorit kedua selain tahu tuna yang banyak digemari wisatawan karena rasanya yang sangat gurih dan cocok sekali jika dipadukan dengan sambal saus.

Oleh-oleh khas pacitan, Sosis Tuna

Sosis tuna menjadi makanan yang sangat umum sekali didaerah pacitan, makanan ini banyak sekali dijual di hampir semua toko yang berada di kota pacitan. Rasa sosis ikan tuna ini benar-benar sangat istimewa sekali, cara mengolahnya bisa dengan digoreng atau bisa juga dijadikan olahan makanan lainnya. Rasanya teta istimewa.

Oleh-oleh khas pacitan, Rolade Tuna

Mendengar kata rolade tentu kita bisa membayangkan betapa nikmat rasanya dan kebanyakan rolade ini terbuat dari daging sapi yang digiling. Namun di pacitan, bukan daging sapi melainkan daging ikan tuna yang digiling dan rasanya sangat nikmat, lezat, pokoknya unik banget di lidah. Setelah rolade ini jadi, bisa diolah dengan berbagai cara, digoreng bisa, dicampur di dalam masakan lainnya juga bisa.

Oleh-oleh khas pacitan, Pangsit Tuna

Masih jarang sekali yang tahu bahwa di pacitan juga ada makanan khas yang bernama pangsit tuna. Makanan ini adalah perpaduan dari kulit pangsit yang di dalamnya diiisi dengan olahan ikan tuna menjadkan rasanya sangat nikmat plus bikin ketagihan. Sementara ini oleh-oleh pangsit tuna ini masih diketahui sejauh wilayah pacitan saja, tapi tidak menutup kemungkinan bahwa pangsit tuna akan menjadi favorit wisatawan untuk dijadikan jajanan khas pacitan karena rasanya yang enak banget.

Oleh-oleh khas pacitan, Nugget Tuna

Jika selama ini nugget sering kita jumpai sebagai makanan yang digunakan untuk lauk pauk, maka nugget tuna dengan rasanya yang istimiwir juga bisa digunakan sebagai cemilan sehat. Untuk mengolahnya sangat mudah sekali, tinggal goreng terus disantap bersama dengan sambal saus agar rasanya tambah mak nyusss.

Itulah beberapa oleh-oleh khas pacitan dari ikan tuna yang perlu kalian coba. Jika suatu saat kalian berlibur ke pacitan, maka jangan ernah melupakan jajanan khas pacitan dari tuna, terutama tahu tuna ya. Jika tidak, bisa jadi liburan kalian ke pacitan tidak akan lengkap.

Komentar

Loading...