Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak Dengan Cepat

110
memuat...
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak Dengan Cepat
Cara Menghilangkan Kutu Rambut Pada Anak Dengan Cepat

Harianpost.co.id – Sebelumnya kita sering berpendapat bahwa sebab musabab munculnya kutu rambut itu adalah karena rambut yang kebersihannya kurang terjaga dengan baik, akan tetapi ternyata pendapat seperti tidak sepenuhnya tepat. Pasalnya, rambut yang dalam kondisi bersih dan sering dicuci pun masih bisa menjadi rumah bagi kutu rambut. Buktinya, banyak ibu-ibu yang merasa kerkejut ketika mereka menemukan ada kutu rambut di kepala buah hati mereka. Karena banyaknya keluhan ibu-ibu mengenai kutu rambut pada si kecil, maka dari itulah pada kesempatan kali ini kita akan memberikan tips mengenai cara menghilangkan kutu rambut pada dengan cepat.

Kita tentu sudah tahu apa itu kutu rambut dan seperti apa bentuknya. Kutu rambut merupakan salah satu serangga parasit yang hidup di kepala manusia, kutu rambut yang sudah dewasa akan memiliki jumlah kaki sebanyak enam dan ukurannya pun tak lebih besar dari biji wijen. Kutu rambut bisa hidup dengan cara menghisap darah manusia yang ditempelinya, oleh karena itulah kutu rambut ini disebut sebagai serangga parasit.

Sama seperti binatang lainnya, kutu rambut pun juga berkembang biak dengan cara bertelur, sedangkan telur-telur kutu rambut itu biasanya menempel pada rambut bagian pangkal dan berwarna kuning pucat. Jika kita tidak teliti, kita akan melihat telur kutu rambut itu tampak seperti ketombe. Inilah yang menyebabkan telur kutu rambut sering lolos dari perhatian kita, terlebih lagi telur kutu rambut itu tidak mudah lepas hanya dengan sisir saja.

Kutu Rambut Mudah Menular

Kutu rambut ini memang tidak menjadi ancaman serius bagi manusia, akan tetapi kehadiran serangga parasit di kepala itu sungguh sangat mengganggu sekali dan parahnya lagi kutu rambut tersebut sangat mudah sekali menular ke rambut orang lain. Usia paling rawan kutu rambut menular adalah ketika usia taman kanak-kanak hingga sekolah dasar. Mengapa di usia itu? Sebab anak-anak dengan usia taman kanak-kanak hingga sekolah dasar masih sering bermain dengan jarak dekat yang sangat rentan sekali terjadi kontak rambut.

Dari anak-anak inilah kutu rambut nantinya akan menular ke orang-orang dewasa terutama keluarga mereka sendiri melalui beberapa benda yang sering mereka gunakan bersama seperti topi, bantal, jepitan rambut, sisir atau benda-benda lain yang memungkinkan menyentuh rambut.

Sebagai awal untuk mencegah menularnya kutu rambut, orang tua bisa mengenali gejal anak tertular kutu rambut. Gejala yang paling mudah dilihat adalah kebiasaan menggaruk-garuk kepala karena gatal. Jika mereka sudah mulai memiliki kebiasaan garuk-garuk kepala karena gatal, itu tanda bahwa telur kutu rambut sudah ada sejak beberapa minggu sebelumnya. Jadi perlu segera diatasi sebelum menyebar dan menular.

Sekedar untuk pengetahuan saja bahwa rasa gatal tersebut muncul karena reaksi alergi, maka jika anak kita menggaruknya dengan kuat maka akan menimbulkan luka dan bisa menyebabkan infeksi. Jika sudah terjadi infeksi, maka biasanya akan ditandai dengan warna kemerah-merahan pada sekitar kulit kepala dan leher, hal itu seiring dengan terjadinya pembengkakan dan rasa nyeri. Jika sudah seperti itu maka langkah terbaik adalah ddengan membawanya ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Cara Menghilangkan Kutu Rambut Dengan Cepat

Perlu diketahui bahwa kutu rambut itu tidak akan bisa pergi dengan sendiri tanpa adanya tindakan. Langkah untuk menghilangkan kutu rambut ini bisa dengan cara alami atau bisa juga dengan menggunakan obat anti kutu rambut seperti menggunakan shampoo, krim atau lotion. Untuk lebih jelaskan, simak beberapa hal mengenai tata cara menghilangkan kutu rambut pada anak di bawah ini:

  • Agar telur kutu rambut bisa luruh, cobalah untuk menyisir rambut ketika masih dalam kondisi basah.
  • Anda bisa menggunakan obat anti kutu rambut dan ikuti petunjuk penggunaannya. Lakukan hal ini rutin setiap hari selama 7 atau 10 hari agar kutu rambut atau telur kutu rambut mati.
  • Agar kutu rambut tidak berkembang biak dengan bebas, anda bisa merendam berbagai macam peralatan rambut seperti jepitan rambut, sisir atau bando di dalam cairan alkohol, atau cairan yang sudah anda campur dengan obat kutu rambut.
  • Usahakan untuk tidak menggunakan hair dryer ketika mengeringkan rambut sebab penggunaan alat tersebut justru bisa membuat kutu rambut berpindah ke tempat lain dan akan menempel pada rambut orang lain.
  • Gunakanlah obat kutu rambut terlebih dahulu sebelum menggunakan kondisioner atau shampoo uuntuk menghindari kerusakan rambut.
  • Jangan menggunakan obat kutu rambut lebih dari tiga kali pada 1 anak sebab itu akan membahayakan kesehatan kulit rambut. Jika 1 sampai 3 kali pengobatan tidak juga membuahkan hasil yang efektif, maka segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat untuk menghilangkan kutu rambut.
  • Dikarenakan kutu rambut ini juga bisa bertahan hidup pada pakaian, maka akan lebih lagi jika kita merendam pakaian anak-anak di dalam air hangat.

Mohon diperhatikan bahwa jangan sekali-sekali menggunakan obat kutu rambut untuk anak yang masih berusia dibawah dua bulan. Jika dalam usia tersebut anak kita sudah ditempeli kutu rambut maka yang perlu ibu lakukan adalah mengangkat kutu rambut tersebut satu persatu dengan menggunakan tangan. Ada sebagian orang tua yang lebih memilih untuk menggunakan cara alami menghilangkan kutu rambut dengan cuka atau mayones. Dua bahan alami tersebut dipercaya bisa meluruhkan telur-telur kutu rambut yang menempel pada rambut anak-anak kita. Namun sayangnya, cara tersebut masih belum bisa dibuktikan secara efektif tapi patut untuk dicoba.

Komentar

Loading...