Wanita Harus Tahu Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

Wanita Harus Tahu Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil

76
memuat...
Manfaat Jagung untuk ibu hamil
Manfaat Jagung untuk ibu hamil

Harianpost.co.id – Ibu hamil biasanya hampir selalu memiliki gejala-gejala seperti mual-mual atau bahkan sampai muntah ketika mencium sesuatu, jika sudah begitu mereka akan malas untuk mengkonsumsi nasi. Nah, jika kondisi ini tidak segera mendapatkan solusi alternatif maka ibu hamil secara otomatis tidak akan mendapatkan tambahan nutrisi padahal pada masa itu penting sekali mendapatkan nutrisi yang cukup. Sebagai alternatifnya, ibu hamil bisa mengkonsumsi jagung yang juga kaya akan nutrisi di dalamnya. So, sangat penting sekali bahwa Wanita Harus Tahu Manfaat Jagung Untuk Ibu Hamil.

Jagung merupakan salah satu makanan sehat yang memiliki banyak sekali nutrisi, sedangkan wanita hamil membutuhkan banyak nutrisi demi menjaga kesehatan si ibu dan bayi yang ada di dalam kandungan. Nutrisi-nutrisi yang terkandung di dalam jagung diantaranya adalah kalori, air, protein, karbohidrat, gula, serat omega-3, folat, lemak, omega-6 serta zat mineral seperti zin dan magnesium.

Dengan banyaknya nutrisi yang terdapat di dalam jagung tersebut, maka sudah pasti bisa ditebak bahwa Manfaat jagung untuk ibu hamil itu sangat banyak sekali. Berikut ini adalah beberapa manfaat jagung untuk ibu hamil berdasarkan kandungannya.

  • Karbohidrat

Karbohidrat adalah sumber energi, sedangkan ibu hamil sangat membutukan banyak energi. Tidak hanya itu saja, tubuh selalu membutuhkan kalori lebih sekitar 50 persen dan semua kalori tersebut berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat.

  • Kandungan Serat

Tidak hanya pepaya dan apel saja yang mengandung banyak serat, jagung juga mengandung banyak serat. Fungsi serat di dalam tubuh adalah untuk mempermudah proses pencernaan termasuk memudahkan makanan bergerak mulus di dalam saluran pencernaan. Sedangkan bagi ibu hami semua itu sangatlah penting sekali agar ketika buang air besar mereka tidak begitu mengeluarkan banyak tenaga karena itu sangat berbahaya.

  • Kandungan Protein

Di usia kehamilan trimester dua dan tiga, ibu hamil pasti akan selalu membutuhkan protein lebih dari biasanya. Protein dalam hal ini berperan sebagai penyusun sel-sel untuk tubuh bayi serta perannya juga sangat penting untuk mendukung pertumbuhannya. Dari sini kita tentu tahu seberapa pentinya ibu hamil membutuhkan protein di dalam tubuh mereka. Tidak perlu jauh-jauh agar ibu hamil bisa mendapatkan protein yang cukup, jagung siap memuhi kebutuhi ibu hamil.

  • Kandungan Vitamin B

Dikatan salah satu makanan sehat, sebab di dalam jagun ini juga terdapat vitamin B, yaitu B3, B5, B6 dan B9. Vitamin-vitamin tersebut memiliki peran yang berbeda-beda, B3 berfungsi untuk menjaga kesehatan sistem saraf serta kulit. Vitamin B5 fungsinya hampir sama dengan karbohidrat yaitu memberikan tambahan energi untuk si ibu, sedangkan B6 berfungsi untuk mendapatkan sel darah serta mengurangi terjadi mual-mual ketika masa kehamilan.

  • Kandungan Kalium

Sebagian ibu hamil ada juga yang sering merasakan kram, salah satu penyebabnya karena bisa jadi ibu hamil tersebut kekurangan kalium. Sebab fungsi kalium disini adalah untuk membantu kontraksi pada otot-otot tubuh, menjaga agar cairan di dalam tubuh tetap lancar dengan begitu tekanan darah bisa tetap stabil dimana itulah keharusan bagi ibu hamil.

  • Kandungan Antioksidan

Percaya atau tidak jagung memiliki kandungan antioksidan yang jauh lebih tinggi dari pada makanan biji-bijian. Kandungan antioksidan di dalam jagung diantaranya seperti Lutein, Zeaxanthin dan Asam Ferulik.

Itulah beberapa manfaat jagung untuk ibu hamil jika dilihat dari kandungan-kandungan yang terdapat di dalamnya. Dan perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan nutrisi dari jagung, ibu hamil bisa mengkonsumsinya dengan berbagai macam cara bahkan ibu hamil bisa mengkonsumsi bahan-bahan masakan yang berbahan dasar jagung seperti contohnya tepung maizena dan minyak jagung.

Sekarang anda sudah tahu kan seperti apa manfaat jagung bagi ibu hamil? Namun demikian, bukan berarti ibu hamil harus selalu fokus mengkonsumsi jagung, ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi-nutrisi penting lainnya dari makanan yang lainnya juga. Makanan-makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil sangatlah banyak sekali.

Komentar

Loading...