Cara Memperbanyak ASI dan Penyebab ASI Berkurang

Cara Memperbanyak ASI dan Penyebab ASI Berkurang

88
memuat...
Cara Memperbanyak ASI dan Penyebab ASI Berkurang
Cara Memperbanyak ASI dan Penyebab ASI Berkurang, foto: PerawatanBayi.com

Harianpost.co.id – Seorang ibu tentu sudah tahu bahwa ASI adalah nutrisi penting dan yang terbaik bagi sang buah hati. Namun kabar buruknya, ternyata tidak semua ibu bisa menyusui bayinya dengan ASI karena beberapa faktor seperti ASI berkurang, penurunan ASI bahkan ASI tidak keluar sama sekali. Mengingat banyaknya kasus seperti itu, maka pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tips tentang cara memperbanyak ASI dan Penyebab ASI berkurang.

Tindakan untuk mengatasi ASI berkurang atau ASI tidak bisa keluar yang paling sering dilakukan oleh seorang ibu biasanya dengan mengambil langkah alternatif, yaitu memberikan susu formula sebagai gantinya. Sayangnya, sebaik apapun susu fornula tersebut masih belum bisa menandingi kesempurnaan ASI khususnya untuk kebutuhan nutrisi. ASI dikatakan sempurna sebab di dalamnya mengandung banyak sekali nutrisi penting yang dibutuhkan oleh bayi seperti contohnya zat antibodi yang fungsinya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh si bayi.

Selain itu, ASI juga sangat mudah sekali dicerna oleh bayi. Oleh karena itulah, penting sekali untuk mengetahui cara memperbanyak ASI ketika ibu mengalami masalah tentang ASI berkurang atau tidak keluar.

Cara Memperbanyak ASI

Ketika ibu mengalami masalah ASI berkurang, produksi ASI tidak maksimal atau bahkan ASI tidak keluar, ada baiknya tidak perlu khawatir secara berlebihan. ASI bisa kita tingkatkan lagi dengan cara alami (mandiri) atau bisa juga dengan bantuan medis. Di bawah ini adalah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk mengatasi ASI berkurang dan untuk memperbanyak ASI:

  • Sebisa mungkin tetaplah menyusui bayi setelah proses persalinan. Lakukan hal itu selama kurang lebih 2 sampai 3 jam dalam sehari atau sekitar 8 hingga 12 kali dalam satu hari.
  • Jika ASI susah keluar, maka terlebih dahulu perhatikan posisi kita saat menyusui bayi, sebab jika posisi ibu itu salah maka bisa saja bayi akan sulit untuk menyusu.
  • Sebisa mungkin jangan menggunakan botol untuk menyusui setelah persalinan, hal itu karena menggunakan botol akan membuat produksi ASI bisa terganggu.
  • Untuk menjaga agar produksi ASI tetap lancar, lakukan tindakan memompa ASI secara rutin dan simpan ASI tersebut di dalam lemari es.
  • Kebiasaan mengkonsumsi alkohol dan merokok sangat tidak baik bagi ibu setelah melahirkan sebab kedua hal itu bisa mengurangi produksi ASI. Hal ini berlaku bagi ibu yang memiliki dua kebiasaan tersebut.
  • Jika ingin hasil yang lebih maksimal, maka usahakan untuk terus berkonsultasi dengan dokter agar kita bisa mendapatkan perawatan khusus. Dalam hal ini kita memilih cara medis untuk mengatasi ASI tidak keluar, ASI berkurang serta bisa juga untuk meningkatkan produksi ASI.

Itulah beberapa langkah untuk memperbanyak ASI atau meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Namun ada baiknya kita harus tahu terlebih dahulu tentang beberapa faktor yang menjadi penyebab ASI berkurang dan ASI tidak keluar.

Penyebab ASI Berkurang Atau ASI Tidak Keluar

Gejala ASI berkurang atau ASI tidak keluar itu sudah pasti ditandai dengan semakin berkurannya volume ASI yang keluar ketika ibu memerah atau memompa ASI, selain itu juga ditandai bayi yang masih merasa lapar padahal baru saja menyusu, atau bisa juga dilihat dari perkembangan berat badan bayi yang tak kunjung ada peningkatan. Jika itu terjadi, maka bisa jadi produksi ASI berkurang atau menurun meskipun bisa juga disebabkan karena posisi menyusui yang salah.

Komentar

Loading...