Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dengan Diet Kalori

Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dengan Diet Kalori

121
memuat...
Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dengan Diet Kalori
Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dengan Diet Kalori

Harianpost.co.id – Setiap orang pasti butuh yang namanya energi dan itu bisa kita dapatkan dari kalori. Namun masalahnya sekarang bahwa setiap orang kebutuhan kalorinya tidaklah sama, perbedaan kebutuhan kalori tersebut bisa karena usia, perbedaan jenis kelamin atau kebiasaan sehari-hari dalam beraktivitas. Kalori di dalam tubuh seseorang berfungsi untuk menghitung jumlah energi yang ada di dalam makanan serta minuman, jadi jika berrencana ingin menurunkan berat badan maka salah satu cara terbaik adalah dengan melakukan proram diet kalori, belakangan ini semakin banyak orang mencari Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg Dengan Diet Kalori.

Sekalipun kita sangat membutuhkan kalori, akan tetapi jika kita mengkonsumsinya secara berlebihan maka itu bisa menjadi buruk, sebab seseorang bisa mengalami obesitas karena kalori. Oleh karena itulah dengan diet kalori ini kita bisa membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa setiap hari seseorang butuh energi sekitar 2.000 kalori, sementara bagi seorang pria dewasa rata-rata butuh asupan kalori lebih sedikit yaitu sekitar 2.500 kalori, jika kalori di dalam tubuh seseorang terlalu berlebihan maka akan tersimpan sebagai lemak dan itu membuat berat badan naik drastis.

Cara Melakukan Diet Kalori

Seperti yang sudah sedikit disinggung di awal tadi bahwa diet kalori ini dilakukan dengan cara membatasi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh seseorang. Bagi pria jumlah rata-rata kalori yang dibutuhkan adalah sekitar 1500 sampai 2000 kalori sedangkan untuk wanita sekitar 1000 sampai 1500 kalori. Nah, jadi dengan mengurangi jumlah asupan kalori 500 saja maka itu artinya anda sudah mengurangi berat badan sekitar 0.5 Kg dalam satu minggu. Ketika jumlah kalori itu dikurangi, maka secara otomatis tubuh kita akan mengambil lemak dari dalam tubuh untuk dijadikan sebagai sumber energi.

Diet kalori ini banyak sekali manfaatnya, selain bisa menurunkan berat dengan cepat, diet kalori juga bisa mengurangi resiko seseorang terkena diabetes, darah tinggi dan juga kolesterol tinggi. Di bawah ini adalah beberapa cara menurunkan berat 10 kg dengan diet kalori:

  • Mengkonsumsi protein lebih banyak lagi

Protein itu berfungsi untu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh seseorang dan mampu mengurangi nafsu makan. Jadi, dengan cara menambah asupan makanan yang mengandung banyak protein bisa digunakan sebagai cara untuk menurunkan berat badan.

  • Jangan mengkonsumsi minuman kemasan serta soft drink

Di dalam sebuah minuman kemasan atau minuman kaleng itu terdapat gula yang jumlahnya bisa dikatakan besar. Sudah banyak sekali penelitian yang dilakukan bahwa minuman kemasan sangat beresiko menyebabkan berat badan naik. Tapi jika ingin mengkonsumsi jus buah, buatlah jus sendiri secara alami dan jangan membeli minuman kemasan atau soft drink.

  • Perbanyak minum air putih

Tahukah kita bahwa setiap dua liter air putih yang dikonsumsi setiap hari itu bisa membakar sekitar 96 kalori di dalam tubuh. Kebanyakan rasa lapar juga akan semakin berkurang jika kita mengkonsumsi air putih 30 menit sebelum makan. Dengan begitu kalori yang masuk ke alam tubuh juga akan berkurang.

  • Olahraga secara rutin

Dengan menjalani program diet kalori maka secara otomatis jumlah kalori di dalam tubuh juga akan semakin berkurang dan pada saat itulah tubuh mengambil lemak dengan cara dibakar. Akan tetapi pembakaran lemak yang dilakukan oleh tubuh itu bisa terjadi ketika ada aktivitas tubuh. Oleh karena itu, berolahraga sangat penting sekali untuk menurunkan berat badan.

  • Mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat

Karbohidrat ini banyak terdapat pada makanan atau minuman yang memiliki rasa manis, maka dengan membatasi asupan karbohidrat tersebut akan sangat bagus sekali untuk melancarkan program diet kalori yang sedang kita jalankan. Selain itu, dengan mengurangi asupan karbohidrat juga sangat dianjurkan untuk penderita sindrom metabolik dan diabetes type 2.

Menu Diet Kalori Setiap Hari

Dari keterangan diatas yang semuanya dianjurkan untuk mengurangi jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh, kebanyakan kita akan bingung makanan apa saja yang harus dikonsumsi setiap harinya. Dikutip dari alodokter.com, Di bawah ini ada beberapa contoh menu makanan yang bisa anda praktekkan di rumah untuk menjalankan program diet kalori:

  • Waktu Sarapan: 1 helai roti tawar, ¾ cangkir corn flake, 1 buah pisang, 1 cangkir susu skim, 1 butir telur rebus, 1 sendok teh margarin.
  • Waktu Makan siang: 60 gram makanan berprotein seperti daging ayam rebus tanpa kulit, 2 helai roti tawar, 2 potong tomat, 1 sendok teh mayones, 1 buah apel ukuran sedang.
  • Waktu Makan malam: 60 gram makanan berprotein seperti daging ayam atau sapi tanpa lemak, 1 buah kentang rebus, 1 sendok teh margarine, 1 cangkir sayuran masak, ¾ cangkir stroberi atau jeruk.
  • Makanan sampingan atau Snack: 3 cangkir popcorn tanpa perasa, 1 helai roti tawar, 1 cangkir susu skim.

Komentar

Loading...