Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Agar Janin Tumbuh Sehat

Buah-Buahan Yang Baik Untuk Ibu Hamil Agar Janin Tumbuh Sehat

256
memuat...
buah yang baik untuk ibu hamil
buah yang baik untuk ibu hamil

Harianpost.co.id – Bagi semua ibu hamil tanpa terkecuali sudah pasti sangat membutuhkan nutrisi yang harus dipenuhi demi kesehatan ibu hamil sendiri serta bagi kesehatan bayinya, sedangkan salah satu cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut adalah dengan cara mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Sebab dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan maka kebutuhan kalori dalam tubuh bisa terpenuhi dengan baik saat hamil terlebih lagi ketika usia kehamilan menginjak trimester kedua dan ketiga. Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalori ibu hamil adalah sekitar 350 sampai 500 perharinya, jadi paling tidak ibu hamil butuh untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sekitar dua cangkir sampai tiga cangkir. Dan pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rekomendasi buah-buahan yang baik untuk ibu hamil agar janin tumbuh sehat dan tidak bingung dalam memilih aneka macam buah untuk dikonsumsi.

Macam-macam buah yang bagus untuk ibu hamil yang Penuh Nutrisi

Kebanyakan ibu hamil biasanya lebih memilih untuk mengkonsumsi cemilan ringan, padahal cemilan tersebut belum tentu mengandung nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh mereka. Maka dari itulah mengkonsumsi buah-buahan tentu akan menjadi pilihan terbaik. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi buah-buahan penuh nutrisi yang baik untuk ibu hamil:

  • Buah Alpukat

Selama ini kita menganggap bahwa zat kalium itu banyak sekali terdapat pada buah pisang, akan tetapi ternyata di dalam buah alpukat justru lebih banyak mengandung zat tersebut. Kalium bisa membantu meredakan gangguan kram kaki pada ibu hamil, selain itu lemak yang berasal dari buah alpukat ini bisa membantu membentuk jaringan tubuh, otak serta kulit bayi dengan sangat baik sekali.

  • Aneka macam Buah berry

Buah-buahan berry seperti strawberry atau blueberry bisa menjadi pengganti cemilan ringan yang sangat sehat sekali bagi ibu hamil karena buah-buahan tersebut mengandung zat indeks glikemik yang sangat rendah sekali. Jadi, tidak mudah menignkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Perlu diingat bahwa mengkonsumsi buah berry yang masih segar itu jauh lebih baik daripada mengkonsusmi buah berry yang sudah menjadi olahan atau sudah diproses menjadi makanan atau minuman jadi.

  • Aneka macam Buah kering

Sebagian ibu hamil masih ragu untuk mengkonsumsi buah-buahan kering karena alasan tertentu, padahal buah kering seperti kurma itu sangat aman sekali dikonsumsi sebab banyak mengandung serat, mineral, vitamin, nutrisi serta kalori. Bicara soal nutrisi di dalam buah kurma beberapa kalangan meyakini bahwa kandungan nutrisi di dalam buah kurma ini kadarnya sama dengan nutrisi pada buah yang masih segar. Kalau begitu, kurma bisa dijadikan cemilan ringan yang pas banget untuk ibu hamil.

  • Buah Pisang

Di atas tadi sudah sedikit disinggung mengenai buah pisang bahwa di dalam buah tersebut banyak sekali mengandung kalium, juga banyak mengandung vitamin C, serat serta vitamin B6 yang mana bisa meredakan konstipasi pada ibu hamil. Yang paling menarik adalah bahwa buah pisang ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan mual ketika hamil.

  • Buah Jeruk

Bicara jeruk, pertama kali yang ada dalam benak kita semua tentu adalah vitamin C. Ya, buah ini memang terkenal karena kandungan vitaminC-nya, selain itu juga banyak mengandung serat serta folat. Dengan mengkonsumsi buah jeruk, maka kita sama saja dengan mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Manfaat vitamin C bagi ibu hamil itu antara lain adalah untuk membantu membentu kolagen, pembentukan gigi bayi, pembentukan tulang dan juga menyerap zat besi.

  • Buah Mangga

Selain jeruk, ada lagi buah yang juga mengandung banyak vitamin C, yaitu mangga. Selain vitamin C, mangga juga banyak mengandung vitamin A yang berfungsi untuk mengurangi resiko komplikasi pada bayi ketika lahir seperti contohnya infeksi pernapasan dan terjadinya diare, serta bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh pada bayi.

  • Buah Apel

Buah apel bisa dikatakan buah dengan nutrisi lengkap yang baik untuk ibu hamil, di dalam buah ini mengandung vitamin C, vitamin A, kalium dan lain-lain. Bahkan sebuah studi telah menemukan bahwa ibu hamil akan memiliki resiko yang jauh lebih kecil terserang alergi dan asma dengan mengkonsumsi buah apel.

Sayuran yang baik untuk Ibu Hamil

Agar lebih lengkap lagi ada baiknya ibu hamil tidak hanya mengkonsumsi buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, mengkonsumsi sayuran juga sangat bagus sekali agar ibu hamil bisa mendapatkan nutrisi yang beragam pula. Berikut ini adalah rekomendasi beberapa sayuran yang baik untuk ibu hamil:

  • Kacang-kacangan

Sebagian ibu yang memiliki riwayat kehamilan yang kurang bagus biasanya pada trimester pertama kehamilan dianjurkan untuk TIDAK mengkonsumsi kacang-kacangan, tapi setelah itu mereka akan dianjurkan. Manfaat kacang-kacangan bagi ibu hamil adalah untuk memenuhi kebutuhan protein, serat, zat besi, kalsium dan kebutuhan nutrisi lainnya termasuk asam folat.

  • Kentang

Di dalam kentang ini mengandung vitamin A yang sangat banyak sekali, yang mana vitamin A itu sangat penting sekali untuk pertumbuhan jaringan serta sel tubuh bayi yang ada di dalam kandungan. Selain itu vitamin A juga bisa membantu untuk mengurangi kadar gula darah serta melancarkan pencernaan dan membuatnya menjadi sehat.

  • Bayam

Setiap ibu hamil tentu sangat membutukan nutrisi seperti zat besi, asam folat dan juga kalsium dan semua nutrisi-nutrisi tersebut bisa kita dapatkan pada segala jenis sayuran hijau, salah satunya yang terbaik adalah bayam serta brokoli. So, buat ibu hamil jangan pernah melupakan dua sayuran ini ketika makan.

Dari semua daftar sayuran dan buah-buahan diatas, kira-kira yang manakah pilihan terbaik bagi anda? Demi kesehatan anda dan bayi, maka jangan pernah melupakan kebutuhan nutrisi dan teruslah berkonsultasi dengan dokter untuk memantau perkembangan kesehatan bayi anda.

Komentar

Loading...