Cara Screenshot Laptop Paling Mudah dan Gak Ribet

Cara Screenshot Laptop Paling Mudah dan Gak Ribet

225
memuat...
Cara screenshot laptop paling mudah dan gak ribet
Cara screenshot laptop paling mudah dan gak ribet

Harianpost.co.id – Mungkin salah satu dari kita pernah masuk pada website yang mana website tersebut telah dikunci oleh pemiliknya, dalam arti kita tidak bisa mengcopy tulisannya atau bahkan mennyimpan gambar-gambar yang ada di halaman tersebut. Kejadian seperti ini sering membuat kita kesel sebab kita tidak bisa menyimpan gambar atau sesuatu yang kita butuhkan di halaman tersebut, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan screenshot. Lalu bagaimana cara screenshot laptop paling mudah dan gak ribet? Sampai sekarang masih banyak sekali orang yang bingung tentang cara screenshot laptop, biasanya memang berbeda laptop berbeda juga caranya namun perlu diketahui ada satu hal yang  sama tentang cara screenshot laptop di semua merk.

Jika kalian belum tahu caranya, maka kedatangan kalian kesini adalah solusi yang tepat sebab admin harianpost akan menunjukkan pada kalian tentang cara screenshot laptop paling mudah dan gak ribet di semua merk laptop. Mau tahu caranya? Lanjut terus bacanya.

Cara Screenshot Laptop Semua Merk Paling Mudah

Sebelum melakukan screenshot di laptop, agar langkahnya lebih mudah dan simple plus gak ribet, terlebih dahulu download dan instal aplikasi bernama Greenshot. Aplikasi Greenshot ini mudah sekali diinstal dan support di semua windows, jadi tidak perlu khawatir. Tidak hanya cra menginstallnya saja yang mudah, tapi cara penggunaannya juga sangat mudah sekali. CUkup satu dua kali klik maka hasil screenshot langsung tersimpan dengan rapi. Lebih jelasnya, simak cara menggunakan greenshot di bawah ini:

Langkah 1

Setelah aplikasi Greenshot sudah dipastikan terinstall di laptop atau komputer kalian, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menekan tombol Print Screen atau PrtScn. Jika kalian masih bingung dimana letak tombol tersebut, biasanya ada di barisan atas sejajar dengan angka pada keyboard.

Langkah 2

Setelah mengklik tombol PrtScn, kalian bisa langsung klik dengan mouse lalu menyeretnya pada bagian gambar yang ingin kalian ambil dan simpan. Jika sekiranya sudah, lepaskan mouse tersebut.

Langkah 3

Setelah kalian melepaskan mouse maka secara otomatis akan langsung muncul pop-up yang akan memerintahkan dimana kalian akan menamai dan menyimpan gambar tersebut. Pilihlah Save As jika kalian ingin langsung menyimpan hasil screenshotnya.

Langah 4

Setelah muncul pilihan dimana kalian ingin menyimpannya, kalian bisa klik save. Nah, sekarang hasil screenshot kalian sudah tersimpan dengan baik.

Sekarang pertanyaannya, apakah kita bisa melakukan screenshot satu halaman penuh dengan aplikasi tersebut? Jawabannya bisa-bisa saja, akan tetapi agak ribet sebab kita harus menyeret mouse ke bawah terus hingga satu halaman penuh. Nah, jika kalian ingin mengambil gambar satu halaman penuh di komputer, maka ada sendiri cara yang lebih mudah.

Penasaran ya? Oke deh, sekalian saja admin beri bocoran tentang cara screenshot satu halaman penuh di komputer. Simak ulasannya di bawah ini:

Cara Screenshot Satu halaman penuh di Komputer

Mengambil gambar atau screenshot satu halaman penuh di komputer ini sangat breguna sekali ketika website tersebut dikunci oleh pemiliknya seingga kita tidak bisa melakukan apapun di halaman tersebut kecuali scroll ke atas dan e bawah saja lalu mengklik artikel yang lain. Kita tidak bisa mengcopy atau menyimpan gambar yang ada di halaman tersebut.

Tapi jangan khawatir, dengan melakukan screenshot satu halaman penuh di komputer maka kalian sama saja dengan mengcopy seluruh halaman disitu. Bagaimana caranya? Mudah sekali, hanya dengan menginstal add on (ekstensi) bernama awesome screenshot. Akan tetapi add on ini biasanya hanya support untuk engine chromium seperti Google Chrome atau UC Browser.

Tambahkan terlebih dahulu ekstensi tersebut ke google chrome, setelah aplikasi add on tersebut terpasang di google chrome, maka kalian tinggal menekan ikon awesome screenshot yang berada di pojok kanan bagian atas browser kalian. Setelah mengkliknya, maka akan muncul pilihan screenshotnya, ada banyak pilihan screenshot disitu seperti capture selected area (ini mengambil gambar sesuai dengan keinginan kita), capture entire page (mengambil gambar seluruh halaman tersebut), select a local image (mengambil gambar-gambarnya saja), dan masih banyak lagi perintah disitu.

Jika kalian ingin mengambil gambar di seluruh halaman website tersebut maka pilihlah pilihan capture entire page. Setelah memilihnya, maka kalian akan langsung diarahkan ke foto editor, saat itulah kalian bisa mengedit foto tersebut screenshot kalian sesuai keinginan. Jika sudah, kalian bisa mengklik tombol Done. Barulah kalian bisa menyimpan hasil screenshot tersebut ke komputer atau laptop kalian.

Gimana, gampang banget kan cara screenshot satu halaman penuh di laptop atau komputer? Makanya, sering-sering datang kesini, kalian akan kami manjakan dengan trik-trik dan tips yang kalian butuhkan.

Komentar

Loading...