Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Paling Aman, Bayi Nyaman

Cara Menggendong Bayi Baru Lahir Paling Aman, Bayi Nyaman

101
memuat...
cara menggendong bayi baru lahir
cara menggendong bayi baru lahir

Harianpos.co.id – Mempunyai seorang bayi atau buah hati tentu adalah impian setiap orang terutama bagi pasangan yang baru saja menikah. Akan tetapi ada tantangan tersendiri bagi pasangan tersebut, yaitu tentang cara menggendong bayi baru lahir paling aman, bayi nyaman. Menggendong bayi baru lahir tentu saja bukanlah hal yang mudah terlebih lagi bagi mereka yang sebelumnya belum pernah sekalipun menggendong bayi. Padahal, bayi baru lahir segala organ tubuhnya masih sangat lunak. Jadi, sangat penting sekali mempelajari tentang bagaimana cara menggendong bayi baru lahir paling aman, agar bayi nyaman.

Hati-hati adalah hal yang wajib bagi orang yang sedang menggendong bayi, namun sebenarnya ada banyak cara tentang menggendong bayi baru lahir. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar sebab kebanyakan dokter atau bidan selalu memberikan kesempatan bagi ayah dan ibunya untuk menggendong bayi bari lahur, hal itu dilakukan agar mereka bisa melakukan kontak kulit secara lansung dengan buah hatinya.

Menggendong bayi baru lahir bisa mempererat ikatan

Percaya atau tidak, menggendong bayi baru lahir itu ternyata juga bisa mempererat ikatan antara anak dengan orang tua. Satu hal yang sangat penting untuk kita perhatikan ketika menggendong bayi baru lahir adalah selalu menopang kepala dan leher. Sebab saat itu bayi masih belum kuat untuk menopang kepala sendiri menggunakan leher, mereka baru bisa merasa kuat setelah usia 1 sampai 2 bulan. Pada usia tersebut bayi sudah mulai kuat bahkan bisa mengangkat kepalanya sendiri ketika dalam posisi tengkurap.

Lebih lengkapnya lagi, di bawah ini adalah beberapa cara menggendong bayi baru lahir paling aman, bayi nyaman:

  • Ditimang-timang

Cara ini menjadi salah satu cara menggendong bayi baru lahir yang paling banyak dilakukan oleh orang tua baru. Caranya, ambillah bayi tersebut dengan hati-hati lalu tempatkan lengan di bawah leher si bayi dan kepala. Tangan anda yang lengannya digunakan untuk menaruh bayi tadi letakkan tepat di bagian bokong. Jika sudah begitu anda boleh mulai mengangkatnya dan posisikan bayi senyaman mungkin, pastikan bahwa kepala dan leher bayi berada di lengan bagian dalam ketika digendong. Jika sudah dirasa posisi bayi nyaman, lakukan gerang ayunan atau ditimang-timang secara perlahan.

  • Gendong sambil dipeluk

Cara menggendong bayi seperti ini biasanya dilakukan oleh seorang ibu pada bayinya yang baru saja menyusu. Cara melakukannya adalah dengan menggunakan salah satu tangan untuk mengangkat kepala serta leher bayi. Cara ini dilakukan hampir sama dengan cara pertama tadi dimana salah satu tangan yang digunakan untuk menyangga bayi diletakkan di bagian bokongnya. Usahakan posisi bayi tersebut sejajar dengan arah tubuh. Atau bisa juga anda menempatkan bayi pada dada atau bahu, dengan posisi ini bayi bisa merasa sangat nyaman sebab bisa mendengarkan detak jantung orang tua mereka, sekali tetap perhatikan bagian kepala dan lehernya.

  • Menggendong bayi dengan posisi tengkurap

Ketika bayi sedang rewel atau menangis, cara menggendong bayi baru lahir yang paling tepat adalah dengan menggendong bayi dalam posisi tengkurap. Apa itu tidak berbahaya? Tidak, selama anda menempatkan bayi dengan posisi yang benar, yaitu bagian kepala bayi dan leher berada di salah satu lengan bagian dalam serta usahakan untuk tetap menopang kedua kakinya dengan ujung tangan. Ketika itu anda bisa sambil mengelus-elus atau mengusap punggung si kecil, jadi mereka bisa merasa sangat nyaman. Selain bisa mengatasi bayi rewel, cara menggendong ini juga bisa mengatasi masalah masuk angin sebab bisa mengeluarkan angin dari perut si kecil.

  • Gendong bayi sambil menyusu

Cara melakukannya juga masih sama dengan cara yang pertama tadi, hanya saja ketika posisi bayi dirasa sudah nyaman, anda bisa mendekatkan mereka ke payudara untuk menyusu. Jika masih belum terbiasa dan masih merasa kesulitan, anda bisa menggunakan bantal  untuk menopang tubuh si bayi secara keseluruhan. Hal ini juga dirasa sangat membantu bagi orang tua yang masih belum terbiasa menggendong bayi.

PERHATIAN! Hindari Mengguncang Bayi

Ketika kita menggendong bayi baru lahir, jangan sampai kita menguncang tubuh mereka sebab hal itu bisa berakibat fatal. Dari hasil penelitian, tubuh bayi yang terguncang bisa mengakibatkan pendarahan pada otak yang kebanyakan berujung pada kematian. Selain mengguncang, menjatuhkan bayi juga bisa menyebabkan bayi pada kondisi fatal tersebut. Jadi, kami sarankan untuk sangat berhati-hati dan tidak sembrono ketika menggendong bayi baru lahir, lakukan dengan hati-hati dan penuh perasaan.

Guncangan pada bayi tersebut disebut dengan Shaken Baby Syndrome (SBS) yang mana hal itu berlaku hingga bayi berusia 5 tahun, akan tetapi usia paling rawan adalah usia 6 hingga 8 minggu. Kasus yang paling banyak terjadi itu disebabkan karena ketidak tahuan orang tua atau pengasuh bayi yang bukan benar-benar dari sekolah pengasuh bayi. Minimnya pengetahuan membuat banyaknya kasus SBS sering terjadi dan menyebabkan bayi mengalami cedera karena terjadi guncangan. Kalau hanya sekedar mengayun itu tidak apa, tapi lakukanlah dengan pelan-pelan. Selain itu, mengayun dan mengguncang itu memang sudah jauh berbeda.

Itulah hal-hal yang perlu kita perhatikan mengenai cara menggendong bayi baru lahir paling aman agar bayi nyaman. Ketika menggendong, usahakan untuk tidak ragu atau merasa khawatir yang berlebihan sebab hal itu bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Nikmati saja ketika menggendong bayi dan perhatikan gerakan-gerakan lucunya.

Komentar

Loading...