Cara Membuat Playdough yang Aman untuk Mainan Anak-Anak

Cara Membuat Playdough yang Aman untuk Mainan Anak-Anak

559
memuat...

Harianpost.co.idPlaydough adalah mainan anak-anak yang memiliki sifat fleksibel dan berbentuk seperti adonan. Playdough masih menjadi salah satu mainan anak-anak yang sangat digemari hingga saat ini. Meskipun tampak tidak berbahaya, namun kebanyakan playough yang beredar saat ini tanpa disadari mengandung bahan yang berbahaya, terutama jika masuk ke dalam mulut. Tapi jangan khawatir, anda sebenarnya bisa membuat playdough sendiri untuk anak-anak anda sehingga anda bisa memastikan bahwa anak anda aman menggunakan mainannya.

Untuk membuat playdough, anda harus menyiapkan:

1 cangkir tepung beras putih (bisa menggunakan tepung gluten free)

1 sdm cream tartar

½ cangkir sea salt

Pewarna makanan (optional)

½ cangkir air panas (digunakan jika anda ingin menambahkan pewarna)

1-2 sdm minyak zaitun

5-8 tetes minyak esensial lavender

Cara membuatnya sangat sederhana, cukup campurkan semua bahan-bahan tersebut ke dalam panci dan panaskan dengan menggunakan kompor api sedang-rendah. Aduk hingga semua bahan tercampur dan menyatu (berbentuk seperti bola). Dinginkan beberapa saat dan uleni dengan minyak esensial lavender.  Playdough sudah jadi dan siap untuk dimainkan. Simpan playdough ini kedalam wadah yang kedap udara.

Yang perlu diperhatikan, playdough tidak cocok untuk anak usia dibawah 18 bulan. Selain itu jika anda memiliki hewan peliharaan dirumah, jika playdouh tertelah oleh hewan peliharaan dapat menyebabkan keracunan garam.

Komentar

Loading...