Cara Membuat Slime Tanpa Menggunakan Bahan-Bahan Kimia Berbahaya

Cara Membuat Slime Tanpa Menggunakan Bahan-Bahan Kimia Berbahaya

117
memuat...

Harianpost.co.idSlime adalah salah satu mainan yang sempat populer beberapa saat lalu. Slime memang mainan yang menyenangkan dan dapat memberikan manfaat merangsang pengembangan otak anak sebagai permainan sensorik. Tak hanya anak-anak, remaja hingga orang dewasa juga banyak yang menyukai mainan ini karena dapat digunakan untuk berlatih penelitian kecil-kecilan.

Kebanyakan slime yang dijual dan beberapa video cara membuat slime yang dapat dilakukan di rumah dibuat dengan cara mencampurkan larutan polivinil alkohol, seperti lem dan borax. Bahan kimia lain yang biasa ditambahkan adalah obat tetes mata dan detergen yang tentu saja sangat tidak aman jika sampai tertelan oleh anak-anak. Namun jangan khawatir, ternyata bahan-bahan alami seperti sekam psyllium dapat anda gunakan untuk membuat slime yang lebih aman untuk anak-anak anda. Untuk membuat slime yang alami dan aman untuk anak-anak, anda hanya membutuhkan 800 ml air, 1 sdm sekam psyllium dan pewarna makanan alami (jika ingin menambahkan pewarna).

Cara membuatnya juga cukup sederhana. Anda bisa menggunakan panci ukuran sedang atau kecil. Lalu tuangkan 800 ml air dan pewarna secukupnya (opsional). Kemudian tambahkan 1 sdm sekam psyllium dan aduk hingga rata. Jika sekam yang anda gunakan tidak digiling halus, anda dapat menggilingnya terlebih dahulu dengan menggunakan penggiling kopi atau kacang hingga berbentuk seperti bubuk. selanjutnya nyalakan kompor dengan api sedang (medium-high). Jika campuran sudah mulai muncul gelembung, kecilkan api (medium-low) dan didihkan selama 5 menit, jangan aduk campuran ini karena akan mempengaruhi hasil slime. Setelah 5 menit, matikan api dan angkat panci. Tuangkan campuran slime panas ke dalam wadah kecil, tunggu beberapa saat dan masukkan ke dalam lemari es jika ingin cepat dingin. Slime siap untuk dimainkan bersama anak-anak. Happy trying!!

Komentar

Loading...