Tips Membuat Masker Rambut untuk Memperbaiki Rambut yang Rusak

Tips Membuat Masker Rambut untuk Memperbaiki Rambut yang Rusak

144
memuat...

Harianpost.co.idMasker rambut adalah salah satu cara yang mudah dan sederhana yang dapat kita lakukan untuk membuat rambut tampak berkilau dan memberikan nutrisi hingga ke bagian kutikula, serta dapat kita lakukan sendiri di rumah. Sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, siapa saja dan kondisi rambut bagaimana yang dapat membutuhkan masker rambut. Jawabannya, siapa saja bisa menggunakan masker rambut, karena akan menutrisi rambut. Masker rambut sangat dibutuhkan terutama jika seseorang banyak beraktivitas dibawah paparan sinar matahari langsung, atau sering mewarnai rambut dengan bahan-bahan kimia. Bahan-bahan kimia tersebut lama-kelamaan dapat membuat rambut rusak, apalagi jika prosedur penggunaan pewarna rambut dilakukan dengan kurang tepat.

Anda mungkin berpikir bahwa kondisioner yang biasa anda gunakan dapat menutrisi rambut, tapi nyatanya kondisioner hanya berada di permukaan rambut dalam waktu yang singkat dan tidak bisa masuk hingga ke kutikula. Jika rambut anda sudah benar-benar rusak, salah satu hal yang bisa anda lakukan adalah dengan memotong rambut dan mulai menutrisi rambut anda dengan bahan-bahan alami. Anda bisa membuat masker rambut anda sendiri dengan menggunakan bahan yang alami dan dapat dengan mudah dijumpai di rumah. Bahan yang anda butuhkan untuk membuat masker rambut diantaranya:

2 sdm minyak kelapa (alternatif: anda bisa mencampur 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdm minyak kelapa)

½ buah alpukat

2 butir telur

1 sdm madu

5-10 tetes minyak esensial rosemary

5-10 tetes minyak esensial lavender

Cara  membuat masker rambut ini sangat mudah, masukkan minyak kelapa dan alpukat ke dalam blender (untuk rambut keriting, anda bisa menambahkan minyak zaitun). Jika anda mengocok secara manual, panaskan terlebih dahulu minyak kelapa agar sedikit mencair. Kemudian tambahkan telur dan madu, lalu campurkan. Masukkan minyak esensial rosemary dan lavender, aduk hingga merata. Masker rambut siap untuk anda gunakan.

Untuk menggunakannya, terlebih dahulu basahi rambut anda lalu oleskan masker secara merata ke seluruh bagian rambut, terutama ujungnya. Setelah itu, tutup rambut anda dengan menggunakan shower cap atau handuk agar tidak terkena pakaian anda. Biarkan masker selama 45 menit hingga 1 jam. Lalu bersihkan dengan mencuci rambut menggunakan shampoo dan kondisioner. Untuk hasil yang terbaik, anda bisa menggunakan masker ini seminggu sekali. Happy trying!!

Komentar