Cara Membuat Moisturizer Alami untuk Kulit Berminyak

Cara Membuat Moisturizer Alami untuk Kulit Berminyak

70
memuat...

Harianpost.co.idMenjaga kelembaban wajah secara teratur adalah salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Namun bagaimana dengan kulit berminyak dan berjerawat? Mungkin sebagian orang bingung memilih pelembab/moisturizer yang tepat untuk kulit wajah yang berminyak. Karena jika salah memilih moisturizer, justru akan menimbulkan jerawat.

Bahan-bahan alami seperti shea butter dan minyak jojoba bisa anda gunakan sebagai bahan untuk membuat moisturizer yang alami. Shea butter memmiliki kandungan vitamin A yang dapat melembabkan kulit wajah dan meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sedangkan minyak jojoba mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit wajah, dan tidak bersifat menimbulkan komedo sehingga aman untuk digunakan. Bahan-bahan yang perlu anda siapkan untuk membuat moisturizer alami diantaranya:

  • 30 ml minyak jojoba
  • 1 ons shea butter
  • Minyak tamanu (secukupnya)
  • 5 tetes minyak rosemary
  • 3 tetes peppermint

Mulailah dengan menempatkan mangkuk kecil tahan panas di dalam panci yang berisi air panas (jika punya, anda juga bisa menggunakan double boiler). Masukkan shea butter dan tambahkan minyak jojoba. Kemudian campurkan hingga semua meleleh dan tercampur. Selanjutnya matikan kompor dan angkat campuran tersebut dengan hati-hati. Tambahkan minyak tamanu dan campur dengan menggunakan garpu atau spatula kecil. Minyak tamanu memiliki kandungan polifenol yang bersifat anti mikroba. Lalu tambahkan minyak esensial rosemary dan peppermint. Minyak rosemary telah lama dikenal dapat membantu pertumbuhan rambut. Namun ternyata minyak rosemary juga dapat membantu melindungi sel-sel kult dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan matahari. Minyak rosemary juga akan membantu menjaga kelembaban kulit wajah sekaligus meningkatkan aliran darah.

Dan voilaa.. moisturizer anda siap untuk digunakan. Cara pengaplikasiannya juga sama seperti moisturizer pada umumnya, cukup oleskan di seluruh wajah pada pagi hari setelah mencuci wajah dan malam hari sebelum anda tidur. Simpan moisturizer anda ke dalam wadah kaca denga tutup yang rapat. Anda bisa menyimpannya ditempat yang sejuk dan gelap sehingga moisturizer ini dapat bertahan selama beberapa bulan.

Komentar

Loading...