Cara Membuat Foot Scrub untuk Perawatan Kaki

Cara Membuat Foot Scrub untuk Perawatan Kaki

51
memuat...

Harianpost.co.idKaki pegal dan pecah-pecah adalah keluhan umum hampir semua orang, terutama bagi mereka yang bekerja dengan waktu berdiri hampir sepanjang hari. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan perawatan kaki secara eksfoliasi dengan menggunakan foot scrub. Secara alami, jika anda berjalan di tepi pantai akan dapat membantu eksfoliasi sel kulit mati yang berada pada permukaan kulit kaki. Tapi jangan khawatir, anda bisa melakukan eksfoliasi sendiri di rumah dengan membuat foot scrub sendiri tanpa harus jauh-jauh pergi ke pantai.

Untuk membuat foot scrub, bahan yang harus disiapkan diantaranya:

  • 1 ½ cup sea salt (garam laut)
  • 1 sdm minyak zaitun
  • 2 sdm minyak kelapa
  • 8 tetes tea tree oil
  • 5 tetes minyak esensial peppermint
  • 8 tetes minyak esensial lavender

Tuang sea salt ke dalam mangkuk ukuran sedang dan tambahkan minyak zaitun serta minyak kelapa. Campur dan haluskan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan garpu atau sendok. Minyak zaitun memiliki sifat anti inflamasi dan juga memiliki antioksidan berupa vitamin E serta dapat melembabkan kulit, minyak kelapa memiliki sifat sebagai anti mikroba da juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembab.

Lalu tambahkan minyak esensial. Tea tree oil akan membantu mengurangi peradangan pada kulit dan berperan sebagai antibakteri. Minyak esensial peppermint dan tea tree oil juga efektif digunakan untuk menghilangkan bau kaki. Minyak esensial lavender dapat membantu meredakan sakit dan nyeri. Secara umum, semua minyak esensial ini berperan untuk membuat otot kaki menjadi lebih rileks. Campur semua bahan hingga merata.

Foot scrub sudah jadi dan siap untuk digunakan. Pindahkan foot scrub yang telah dibuat ke dalam wadah dan tutup hingga rapat. Simpan di tempat yang sejuk dan gelap agar membuat foot scrub tahan lama (anda juga bisa menyimpannya di lemari es). Untuk menggunakannya, ambil foot scrub dengan menggunakan alat bantu (Anda bisa memakai sendok) untuk menghindari pertumbuhan bakteri karena foot scrub ini tidak diberi tambahan pengawet. Kemudian gosokkan foot scrub di area kaki (sekitar pergelangan kaki hingga betis). Biarkan scrub selama 10-15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air hangat dan tepuk-tepuk dengan lembut.

Jika kaki anda telah mengalami eksfoliasi kulit yang parah, anda harus segera berkonsultasi ke dokter agar bisa segera ditangani.

Komentar

Loading...