Tips Mengatasi Selulit dengan Membuat Scrub Kopi

Tips Mengatasi Selulit dengan Membuat Scrub Kopi

67
memuat...

Harianpost.co.idSelulit merupakan salah satu hal yang sering dialami oleh wanita dewasa. Karena sangat umum, salah satu penelusuran teratas di internet adalah tentang bagaimana cara menghilangkan selulit. Selulit bisa menjadi masalah yang kompleks yang disebabkan oleh banyak hal sehingga membutuhkan perawatan yang baik.

Selulit disebabkan oleh lemak subkutan yang menggembung ke lapisan dermal (lapisan jaringan ikat) kulit. Selulit juga merupakan hasil dari penurunan aliran darah ke daerah tersebut sehingga mengurangi produksi kolagen serta penurunan drainase linfatik (biasanya disebabkan penggunaan pakaian ketat). Beberapa hal yang mempengaruhi munculnya selulit adalah usia, genetika, jenis kelamin, pola konsumsi, tingkat aktivitas dan perubahan matriks dermal. Beberapa komponen penyebab selulit yang harus segera diatas adalah: produksi kolagen, mengurangi lemak, dan meningkatkan sirkulasi.

Salah satu cara untuk mengatasi selulit adalah dengan memperbaiki pola konsumsi dan melakukan olahraga teratur. Selain itu, anda juga bisa mengurangi selulit dengan memanfaatkan kopi untuk dibuat menjadi scrub. Bahan-bahan yang diperlukan diantaranya:

  1. 1 cup kopi bubuk
  2. ½ cup minyak kelapa (anda bisa memakai minyak almond jika ada)
  3. 2/3 cup gula kasar
  4. 4-8 tetes minyak esensial kayu manis (jika kulit anda sangat sensitive)
  5. 8 tetes minyak esensial vanili (1sdt bubuk vanili)

Cara membuatnya, dengan menggunakan mangkuk ukuran besar masukkan kopi bubuk menyak kelapa, gula dan minyak esensial. Aduk semua bahan hingga tercampur rata. Scrub siap untuk digunakan dan simpan dalam wadah dengan bahan kaca atau plastik kualitas tingi dan tutup hingga rapat. Anda bisa menyimpan scrub ini di dalam kulkas dan dapat bertahan selama 1 tahun.

Untuk menggunakannya, cuci area yang terdapat selulit. Kemudian gosokkan scrub pada area-area selulit dan pijat perlahan. Kemudian bilas hingga bersih dan keringkan. Jika kulit anda sensitive dan mengalami pengelupasan, gunakan pelembab setelah scrub bersih. Jika kulit terasa tidak nyaman dan terjadi iritasi yang terus menerus, gunakan kopi bubuk yang halus, ganti gula kasar dengan gula halus, dan/atau kurangi minyak esensial kayu manis.

Kopi bubuk akan membuat kulit menjadi terkelupas (eksfoliasi). Kandungan kafein pada kopi dapat membantu sirkulasi pembuluh dara dan mengencangkan kulit. Minyak kelapa dapat membantu melembabkan dan telah banyak dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Gula akan membantu proses eksfoliasi dan minyak kayu manis akan membantu sirkulasi pembuluh darah serta memberikan efek kulit yang halus sehingga mengurangi selulit.

Komentar

Loading...