Cara Membuat Sabun Wajah untuk Kulit Wajah yang Sensitif

Cara Membuat Sabun Wajah untuk Kulit Wajah yang Sensitif

117
memuat...

Harianpost.co.idSalah satu cara sederhana merawat kulit wajah adalah dengan mencuci wajah dengan menggunakan sabun cuci wajah yang cocok untuk tipe kulit wajah. Mencuci wajah merupakan salah satu cara untuk membersihkan wajah dari sisa riasan/make up dan juga kotoran yang menempel pada kulit wajah setelah beraktifitas. Namun tidak semua sabun wajah yang banyak dijual di pasaran untuk kulit wajah lhoo. Beberapa orang yang memiliki tipe kulit wajah yang sensitive akan lebih susah untuk mencari sabun cuci wajah yang tepat.

Untuk mengatasinya, sebenarnya bisa dengan membuat sabun cuci wajah sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang alami dan mengurangi efek negative bagi kesehatan kulit wajah anda. Dengan membuat sabun cuci wajah sendiri, kulit anada akan terasa segar, terhidras dan bersih. Salah satu bahan yang dapat anda gunakan untuk membuat sabun cuci wajah adalah minyak esensial dan minyak kelapa yang memiliki kemampuan membunuh bakteri serta memberikan nutrisi dan menghidrasi kulit anad agar tetap terlihat dan terasa segar. Bahan-bahan lain yang anda butuhkan diantaranya:

  1. 1 cup minyak kelapa
  2. 1 sdm baking soda
  3. 5 tetes minyak esensial lavender
  4. 5 tetes minyak esensial lemon (jika anda rentan mengalami jerawat, anda bisa ganti dengan tea tree oil)
  5. Jar/wadah dengan bahan kaca

Cara membuatnya sangat sederhana. Pertama lelehkan minyak kelapa dalam panci dengan menggunakan api kecil. Setelah meleleh, matikan kompor dan masukkan bahan-bahan lainnya seperti baking soda dan minyak esensial. Sabun cuci muka siap untuk digunakan. Masukkan dalam jar dan tutup dengan rapat. Simpan dalam tempat sejuk (anda bisa menyimpannya di lemari es).

Minyak esensial lemon memiliki kandungan asam yang cukup tinggi dan sangat bagus untuk kulit wajah. Penggunaan wadah kaca untuk penyimpanan dipilih agar tidak terjadi kontaminasi dengan wadah (jika menggunakan wadah dengan bahan plastik). Setelah menggunakan sabun cuci muka ini, setidaknya anda harus menghindari matahari selama beberapa saat atau anda harus berada ditempat teduh. Hal ini dikarenakan minyak esensial lemon mengandung senyawa yang berkontribusi terhadap fotosensitifitas.

Komentar

Loading...