Tips Menghemat Data Internet pada Aplikasi WhatsApp

Tips Menghemat Data Internet pada Aplikasi WhatsApp

45
memuat...

Harianpost.co.idSeiring dengan banyaknya pengguna smartphone secara global, tampaknya para perusahaan telekomunikasi juga berlomba-lomba untuk memberikan pilihan penawaran paket data internet yang sangat beragam agar para pengguna smartphone tetap memakai jaringan provider yang mereka miliki. Semakin tinggi kecepatan jaringan internet, rasanya data internet juga akan cepat habis. Namun beberapa aplikasi seperti Facebook dan WhatsApp ternyata memiliki fitur untuk menghemat penggunaan data internet ketika kita menggunakan aplikasi tersebut.

Sebenarnya, aplikasi chatting hanya membutuhkan sedikit data internet. Namun pengiriman gambar dan video yang dikirim dan diunggah ke story ternyata membutuhkan data internet yang lebih besar. Mengatasi hal tesebut, WhatsApp ternyata memiliki fitur dimana para pengguna dapat mengontrol penggunaan data internet dalam kondisi tertentu. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk dapat mengunduh konten multimedia pada saat menggunaan Wi-Fi sehingga anda dapat lebih menghemat data internet. Untuk mengaktifkan  fitur ini, berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan.

  1. Buka aplikasi dan klik pada ikon tiga titik atau ikon gambar roda gigi untuk membuka halaman pengaturan (Setting)
  2. Di halaman pengaturan, pilih ‘data dan penggunaan penyimpanan (Data and storage usage)’
  3. Kemudian dibawah opsi ‘media unduh otomatis (Media auto-download)’ pilh opsi ‘saat menggunakan data seluler (When using mobile data)’
  4. Di kotak dialog, pilih jenis media yang anda inginkan untuk diunduh secara otomatis saat data internet seluler aktif
  5. Ulangi langkah yang sama pada opsi ‘When connected on Wi-Fi’ dan pilih ‘When Roaming’
  6. Pada bagian ‘pengaturan panggilan (call setting’ anda dapat mengaktifkan opsi ‘penggunaan data rendah (Low data usage)’. Hal ini akan menurunkan julmah data yang anda gunakan pada saat melakukan panggilan melalui WhatsApp.

Komentar

Loading...