Cara Mengembalikan Data yang Hilang pada Perangkat Android/iOS

Cara Mengembalikan Data yang Hilang pada Perangkat Android/iOS

82
memuat...

Harianpost.co.idMungkin diantara beberapa pengguna gadget sering kali mengalami kejadian tiba-tiba gadget rusak/eror sehingga semua data-data yang ada di dalam perangkat hilang. Atau mungkin anda tidak menyadari telah menghapus foto, pesan teks, kontak atau sesuatu yang penting lainnya dari gadget anda dan kemudian anda sangat membutuhkan kembali data-data yang telah hilang tersebut. Tak perlu khawatir, karena kita ternyata bisa mengembalikan data yang hilang tersebut. Platform seluler seperti iOS dan Android memiliki pengaturan data berdasarkan urutan waktu, sehingga lebih mudah untuk memulihkan data saat hilang.

Untuk mengembalikan data yang hilang tersebut, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di kedua sistem operasi tersebut. Selain itu, di beberapa peragkat Android brand tertentu juga terdapat pilihan ‘restore’ pada menu pengaturan file. Namun jika perangkat anda tidak memiliki fitur pilihan ini, berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba.

Gambar

Untuk perangkat Android, anda dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga di PlayStore untuk mengembalikan foto dan video yang tidak sengaja terhapus. Apliasi seperti DiskDigger dan Deleted Photo Recovery adalah dua aplikasi yang paling mudah untuk digunakan. Setelah anda kehilangan gambar/foto, anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk memindai kembali file yang terhapus.

Sedangkan untuk pengguna iOS tampaknya bisa mengembalikan file gambar dengan lebih mudah. Perangkat iOS terbaru memiliki fitur aplikasi Recently Deleted in Photos dan item yang terhapus akan tetap berada didalam folder tersebut selama 30 hari. Sehingga jika anda ingin memindai file tersebut kembali, anda bisa menemukan file yang anda cari didalam folder tersebut. Tetapi, jika anda telah menghapus file secara permanen, anda arus menggunakan iCloud atau iTunes untuk mengembalikan data yang hilang.

Kontak dan Pesan Teks

Aplikasi seperti Fone Paw Android Data Recovery dan Android data Recovery sepertinya dapat membantu pengguna untuk mengembalikan konntak, pesan teks dan bahkan gambar yang hilang di perangkat anda. Aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik disemua perangkat Android dan tersedia secara gratis di Google Play Store.

Sementara untuk pengguna iOS, Apple tampaknya telah memberikan fitur yang tidak memerlukan bantuan dari aplikasi pihak ketiga untuk mengembilan data kontak dan pesan teks yang hilang. Jika anda ingin mengembalikan data kontak dan pesan teks yang hilang pada perangkat iOS anda, yang harus anda lakukan cukup buka fitur iTunes dan klik pada bagian sudut kanan atas ponsel lalu pilih ‘Restore Backup’. Dengan melakukan ini, perangkat iOS anda akan memulihkan semua pesan teks dan kontak yang telah di back-up oleh iTunes. Alternatif lain yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan iCloud. Yang harus anda lakukan pertama adalah login pada akun iCloud anda dengan memasukkan Apple ID dan kata sandi anda. Kemudian klik ikon untuk Messages. Disini anda dapat memilih semua pesan teks yang anda inginkan. Selanjuynya buka menu setting pada perangkat iOS anda dan pilih ‘Text Messages’lalu pilih ‘Keep on my iPhone,’ setelah selesai aktifkan ‘Text Messages’ dan klik ‘Merge’.

Komentar

Loading...