Akun Facebook Dihack? Begini Cara Memeriksa Informasi Pribadi Jika Dicuri

Akun Facebook Dihack? Begini Cara Memeriksa Informasi Pribadi Jika Dicuri

105
memuat...

Harianpost.co.idPada bulan lalu, Facebook mengungkapkan bahwa beberapa juta akun diretas (dihack) dan terjadi pencurian data pribadi pengguna. Sebanyak 29 juta akun mengalami pencurian data pribadi mulai dari nama, sekolah, perguruan tinggi, hingga kontak pribadi. Pihak perusahaan mengatakan bahwa mereka telah meminta bantuan pada FBI untuk memeriksa apakah ada layanan lain yang juga terkena imbas dari kejadian ini dan seberapa parah hal ini terjadi. Namun, pada saat itu mereka hanya mengklarifikasi akan menghubungi pihak yang akunnya diretas.

Facebook mengatakan akan mengirim pesan kepada para pengguna yang akunnya diretas dan akan memberi tahu pengguna informasi apa saja yang diambil oleh hacker. Meskipun mungkin anda bukan salah satu pengguna yang mengalami peretasan akun, namun anda bisa memeriksa apakah akun anda terpengaruh atau tidak dan memeriksa apakah informasi pribadi anda dicuri.

  1. Buka Facebook di desktop dan kunjungi situs web pusat bantuan Facebook (https://www.facebook.com/help/securitynotice).
  2. Scroll ke bagian bawah halaman dan lihat sub topic ‘Apakah akun Facebook saya terkena dampak masalah keamanan? (Is my Facebook account impacted by the security issue?)’

Jika akun ada diretas, dibawah sub topic tersebut akan muncul pernyataan “Ya. Berdasarkan apa yang telah kami pelajari sejauh ini dalam penyelidikan kami, hacker mengakses informasi akun Facebook berikut (Yes. Based on what we’ve learned so far in our investigation, attackers accessed the following Facebook account information )“ diikuti detail seperti ‘Nama’, ‘Alamat Emai’, ‘Nomor Telepon’ dan banyak lagi. Namun jika akun anda tidak diretas, pernyataan tersebut tidak akan muncul.

Komentar

Loading...