Cara Mematikan Tracking Lokasi pada Google Location

Cara Mematikan Tracking Lokasi pada Google Location

72
memuat...

Harianpost.co.idPara pengguna Google Location seringkali hanya menonaktifkan ‘location history (riwayat lokasi)’ atau ‘location service (layanan lokasi)’ dan berpikir bahwa Google tidak lagi melacak (melakukan tracking) serta tidak mengumpulkan data lokasi dari perangkat yang digunakan. Namun ternyata, hal tersebut tidak benar. Menurut laporan dari Associated Press baru-baru ini mengungkapkan bahwa Gogle melacak lokasi yang kita kunjungi untuk memberikan hasil pencarian yang dipersonalisasi berdasar lokasi dan iklan.

Bahkan pada saat mematikan fitur ‘Location (lokasi)’pada perangkat, Google masih dapat melacak lokasi berdasarkan layanan yang tanpa sadar digunakan seperti cuaca, maps (peta), pencarian serta penggunaan alamat IP. Bahkan, ketika kita mematikan fitur lokasi pada gadget akan muncul notifikasi ‘some location data may be saved as part of your activity on other Google services, like Search and Maps (beberapa data lokasi dapat disimpan sebagai bagian dari aktivitas Anda di layanan Google lainnya, seperti Penelusuran dan Peta).’ Namun jangan khawatir, untuk menghentikannya pengguna harus mematikan layanan ‘Web & App Activity’ dari akun Google. Hal ini akan menghentikan Google untuk melacak dan menyimpan riwayat lokasi yang pernah anda kunjungi. Untuk mematikan layanan ‘Web & App Activity,’ dapat anda lakukan dengan cara:

Cara mematikan layanan Web & App Activity dan meatikan riwayat lokasi untuk pengguna perangkat Android:

  1. Buka ‘Pengaturan (Setting)’ dan klik pada ‘Google’
  2. Buka ‘Akun Google (Google Account) dan cari tab ‘data & personalisasi (Data & personalization)’
  3. Matikan Web & App Activity
  4. Untuk mematikan riwayat lokasi, buka pada tab ‘data & personalisasi (Data & personalization)’
  5. Kemudian pilih pada opsi ‘riwayat lokasi (location history) dan matikan pengaturan untuk masing-masing dan semua perangkat yang anda tautkan pada Akun Google

Sedangkan cara mematikan layanan Web & App Activity dan meatikan riwayat lokasi untuk pengguna perangkat iOS (iPhone/iPad) dan Windows:

  1. Buka ‘https://myaccount.google.com/activitycontrols’ pada browser
  2. Login dengan menggunakan akun anda
  3. Nonaktifkan pengaturan Web & App Activity
  4. Kemudian nonaktifkan pilihan ‘riwayat lokasi (history location)’ yang berada tepat dibawah pilihan Web & App Activity

Komentar

Loading...