Cara Membuat Blush Alami Tanpa Bahan Kimia Berbahaya

Cara Membuat Blush Alami Tanpa Bahan Kimia Berbahaya

60
memuat...

Harianpost.co.idBlush (atau biasa juga disebut dengan rouge) adalah salah satu produk makeup yang paing banyak digunakan. Blush digunakan untuk membuat area pipi dan tulang pipi menjadi merona sehingga memberikan kesan penampilan yang lebih muda dan segar.

Menurut sejarahnya, pada awalnya siapapun yang menggunakan blush dianggap memiliki perilaku yang kurang diinginkan. Terlepas dari hal itu, masyarakat Afrika Tengah pada Zaman Batu telah mengenakan berbagai pigmen warna pada bahan makanan untuk membuat perona seperti mulberry atau strawberry yang dihancurkan, dan bubuk buat bit merah.

Namun saat ini, salah satu masalah pada produk blush yang banyak dijual adalah tambahan kandungan bahan kimia berbahaya pada saat pembuatan blush yakni ammonium hidroksida atau bahkan beberapa produk makeup juga dikabarkan mengandung zat arsenic.  Bahan-bahan kimia berbahaya seperti itu jelas harus dihindari karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti hangguan endokrin, iritasi pada kulit, mata, atau paru-paru. Zat-zat kimia berbahaya tersebut juga dapa menyebabkan kanker dan keracunan pada sistem organ yang vital.

Sebenarnya kita bisa membuat blush sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak akan memberikan dampak pada kesehatan. Bahan-bahan yang diperlukan dan cara membuatnya juga sederhana serta mudah untuk dilakukan. Sebagai informasi, terdapat 4 jenis blush yang dijual dipasaran yakni, pressed powder (bubuk padat), loose powder, cream based dan mineral baked. Jika anda suka menggunakan jenis blush loose powder, anda bisa membuatnya sendiri.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • 2 sdm buah bit merah bubuk (anda bisa membuat sendiri bubuk buat bit dengan cara mengeringkan buah bit dan menghaluskannya dengan menggunakan penggiling kopi)
  • 1 sdm garut bubuk
  • Kayu manis bubuk secukupnya (untuk membuat warna blush lebih gelap)
  • Jahe bubuk (untuk membuat warna blus yang lebih terang)
  • 2-3 tetes minyak esensial lavender
  • Mica powder (opsional)

Cara untuk membuat blush anda sendiri sangat mudah, cukup campurkan semua bahan kering ke dalam sebuah mangkuk kecil. Campur hingga merata. Kemduian tambahkan minyak esensial, aduk hingga errata. Untuk menambhakna shimmer, anda bisa menambahkan sedikit mica powder. Jika anda menginginkan warna blush yang agak gelap bisa menambahkan bubuk kayu manis lebih banyak, dan jika menginginkan warna blush yang lebih terang bisa menambahkan lebih banyak jahe bubu. Kemudian simpan dalam wadah dengan tutup yang rapat. Blush siap untuk digunakan. Gunakan brush khusus untuk blush on untuk mengaplikasikan di wajah anda.

Komentar

Loading...