Tips Menghemat Bahan Bakar dengan Menggunakan Google Maps

Tips Menghemat Bahan Bakar dengan Menggunakan Google Maps

89
memuat...

Harianpost.co.idDegan semakin naiknya harga bahan bakar seperti bensin dan solar, saat berkendara dengan menambah beberapa kilometer agar sampai ditempat tujuan pasti akan menambah pengeluaran. Bagi sebagian besar dari kita, Google Maps sangat membantu menavigasi melalui rute terbaik yang ada. Melalui Google Maps, pengguna dapat dengan mudah berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Pada rute peta Google Maps akan menunjukkan rute yang tersedia dengan lalu lintas yang sedang berlangsung.

Namun tahukah anda bahwa layanan navigasi ini ternyata juga memungkinkan anda untuk menghitung jarak yang anda tempuh dengan beberapa tujuan. Mengukur jarak tersingkat antara beberapa tujuan tidak hanya akan membanyu anda menghemat waktu namun juga akan dapat menghemat bahan bakar. Ada cara mudah untuk melakukannya, yakni dengan cara berikut ini.

Dengan menggunakan PC:

  1. Buka Google Maps di browser web pada komputer anda
  2. Perbesar titik awal dan kemudian klik kanan diatasnya
  3. Selanjutnya, pilih ‘Measure (ukur)’ jarak dari menu ke bagian bawah
  4. Setelah selesai, klik pada lokasi yang anda tuju atau lokasi kedua yang ingin adan ukur jaraknya. Jika anda ingin mengukur jarak untuk beberapa beberapa titik maka anda dapat mengeklik semua lokasi tersebut
  5. Lalu anda harus menarik titik-titik lokasi tersebut untuk menyesuaikannya dan memetakan jarak. Setelah anda menarik titik tersebut, anda akan melihat bahwa Google Maps akan menunjukkan kepada anda jarak antar lokasi di bagian bawah halaman

Dengan menggunakan smartphone:

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan menggunakan smartphone Android atau iOS. Namun caranya sedikit berbeda saat anda melakukannya dengan menggunakan smartphone.

  1. Buka aplikasi Google Maps
  2. Tentukan titik pertama dan tandai dengan pin merah
  3. Selanjutnya di bagian bawah ketik nama tempat
  4. Dari menu pop-up, pilih ‘Measure distance’
  5. Kemudian anda harus menyeret peta sehingga lingkaran hitam berada di titik berikutnya atau lokas yang anda tuju
  6. Anda dapat menambahkan beberapa titik di aplikasi dengan memilih opsi ‘Add +’
  7. Lalu anda akan melihat jarak total dalam satuan mil atau kilometer yang ditampilkan dibagian bawah

Komentar