Tips Memanfaatkan Fitur Kalender, Catatan, Daftar Tugas dan Fitur Lainnya di Gmail

Tips Memanfaatkan Fitur Kalender, Catatan, Daftar Tugas dan Fitur Lainnya di Gmail

53
memuat...

Harianpost.co.idPada tahun ini, Google tampaknya memberikan perhatian secara khusus pada platform emailnya yang memiliki banyak sekali pengguna di seluruh dunia, Gmail. Beberapa fitur baru telah diperkenalkan pada tahun ini sehingga membuat pengguna lebih mudah untuk mengirim email dan penyesuaian yang lain. Baru-baru ini, Google melakukan upgrade yang cukup besar dengan menjadikan Gmail menjadi lebih produktif daripada sebelum yakni dengan kemampuan untuk menggunakan aplikasi Google lainnya tanpa harus meninggalkan tab.

Kini Gmail memungkinkan para penggunanya untuk melihat kalender, catatan, daftar tugas dan aplikasi G-Suite lainnya tanpa harus meninggalkan tab. Hal ini sangat membantu para pengguna ketika menulis email dan dapat dengan cepat melihat beberapa informasi menggunakan fitur tersebut. Masih bingung bagaimana cara menambahkan fitur-fitur tersebut di Gmail dan menggunakannya? Berikut caranya.

  1. Buka Gmail di PC/Laptop anda
  2. Cek apakah terdapat panel yang menampilkan fitur-fitur seperti kalender, catatan, daftar tugas dan lainnya di bagian sisi kanan layar. Jika tidak terlihat, anda akan melihat opsi ‘Show side panel’ yang berada di bagian bawah sebelah kanan. Klik opsi tersebut untuk menampilkan panel
  3. Klik fitur yang anda perlukanatau inginkan untuk melakukan akses pada halaman yang sama
  4. Anda bahkan dapat menambahkan lebih banyak add-ons dengan mengeklik ikon ‘+’ dibawah ikon aplikasi. Hal ini akan membuka G Suite marketplace sehingga anda dapat mengunduh add-ons lainnya dari sana

Namun sayangnya fitur ini masih belum dapat digunakan pada perangkat Android atau iOS. Sehigga anda tetap harus menggunakan fitur beberapa tab untuk bekerja pada email secara bersamaan. Selain merilis fitur ini, Gmail baru-baru ini juga mempermudah pengunggahan file dalam email dengan memperkenalkan fitur ‘Compose Action (pengarsipan)’ yang dapat menghemat waktu pengguna untuk beralih antar tab yang berbeda untuk melampirkan file dan platform penyimpanan pihak ketiga. Gmail Compose Action ini pertama kali ditampilkan di Google Cloud Next 2018 yang digelar pada bulan Juli di San Frasisco.

Komentar

Loading...