Cara Memperbaiki Memori Eksternal (SDCard) yang Bermasalah

Cara Memperbaiki Memori Eksternal (SDCard) yang Bermasalah

211
memuat...

Harianpost.co.idSalah satu keuntugan menggunakan smartphone Android adalah tersedianya pilihan untuk memperbesar penyimpanan pada smartphone dengan menggunakan tambahan memori eksternal (SDCard). Namun ternyata, adanya tambahan memori penyimpanan tersebut juga memilki kekurangan terutama jika menyangkut penggunaan jangka panjang.  Beberapa pengguna sering kali mengalami berbagai kendala salah satunya memori eksternal tidak terbaca, sehingga foto-foto yang tersimpan tidak bisa terlihat.

Mungkin banyak dari kita yang juga pernaha menghadapi masalah serupa, terutama ketika pengguan menggunakan memori eksternal yang sama pada perangkat yang berbeda.  Dalam waktu tertetu, memori eksternal akan dapat mengalami gangguan fungsi. Jika anda mengalami masalah dengan kartu memori eksternal di smartphone anda, berikut ini beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaikinya.

Cara 1: Ganti Nama Drive pada SDCard

Jika memori eksternal anda tidak dapat terbaca di PC, cara yang dapat anda coba adalah dengan mengganti huruf (nama drive) pada kartu penyimpanan anda dengan nama baru. Caranya:

  • Masukkan SDCard anda ke C
  • Klik kanan pada ikon ‘This PC’ dan pilih opsi ‘Manage’
  • Pilih ‘Disk Management’ di bagian kiri pada jendela baru yang terbuka
  • Temukan SDCard anda dan klik kanan pada bagian tersebut
  • Klik opsi ‘Change Drive Letter and Paths’ dan pilih opsi ‘Change’ untuk menetapkan huruf drive baru untuk SDCard anda
  • Sekarang, coba cabut SDCard anda dan masukkan kembali

Cara 2: Perbaiki SDCard dengan Menggunakan PC dan macOS anda

Jika cara 1 tidak membantu, maka anda dapat mencoba memberbaiki SDCard dengan fitur bawaan Windows dan macOS. Untuk pengguna Windows:

  • Buka ‘This PC’ dan klik kanan pada drive SDCard
  • Kemudian pilih ‘Properties;
  • Pada jendela ‘Properties’ pilih opsi ‘Tools’
  • Klik tombol ‘Check’ untuk memindai SDCard anda untuk melihat kesalahan dan memperbaiki

Selain itu, pengguna Windows juga bisa menggunakan ‘Command Prompt’ untuk memeriksa kesalah dan memperbaiki masalah yang ditemukan. Caranga, buka Command Prompt dan ketik ‘chkdsk’ diikut dengan huruf drve dan ‘/ f’ untuk mengecek apakah terjadi kesalahan. Misalnya: ‘chkdsk d: / f’ dan untuk memperbaiki jika terdapat masalah adalah dengan menambhakan ‘/ r’. Sedangkan untuk pengguna macOS, caranya:

  • Buka program ‘Disk Utility’ pada menu ‘Utilities’
  • Pilih SDCard dan klik pada tab ‘First Aid’
  • Klik tombol ‘Disk Repair’ untuk memulai proses

Cara 3: Menggunakan Aplikasi PihakKetiga

Jika dua cara diatas tidak berhasil, sepertinya anda harus menggunakan bantuan aplikasi pihak ketika. Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti USB, Recuva, escue Pro, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat memperbaiki SDCard anda dan juga membantu memulihkan data dari SDCard anda yang rusak

Cara 4: Format SDCard

Jika semua cara diatas masih belum berhasi, maka satu-satunya pilihan yang tersisa adalah memformat SDCard anda. Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa melakukan format pada SDCard maka akan secara otomatis menghapus semua data yang tersimpan pada memori dan cukup sulit untuk memulihkannya kembali setelah dilakukan format.

Komentar

Loading...