Cara Memudah Membuat Salep untuk Mengobati Luka Bakar

Cara Memudah Membuat Salep untuk Mengobati Luka Bakar

48
memuat...

Harianpost.co.idLuka bakar bisa terjadi karena paparan panas, baik dari uap, cairan panas, bahan kimia atau paparan sinar matahari yang menyengat. Perawatan luka bakar juga tergantung pada tingkat keparahan luka bakar yang terjadi. Luka bakar yag parah dapat merusak semua lapisan kulit dan bahkan bisa merusak otot dan lemak yang berada di bawah lapisan kulit. Sehingga luka bakar yang parah harus segera dilakukan perawatan secara medis. Jika luka bakar yang terjadi cukup ringan, pengobatan secara alami dapat membantu penyembuhan luka dan mengurangi rasa sakit.

Selain itu, cara alami tertentu juga dapat mengurangi resiko infeksi dan membantu menyembuhkan area yang terkena luka bakar sehingga tidak akan menimbulkan bekas luka. untuk membantu menyembuhkan luka bakar secara alami, anda bisa membuat salep untuk menghilangkan luka bakar dengan menggunakan minyak esensial, mengurangi konsumsi makanan yang dapat menyebabkan peningkatan peradangan dan memperlambat penyembuhan, serta mengkonsumsi supplemen jika diperukan.

Tak hanya beberapa cara diatas, untuk mengatasi luka bakar anda bisa membuat salep dengan bahan-bahan yang alami dan mudah didapatkan. Jika anda memiliki minak esensial lavender dan minyak zaitun, anda bisa memanfaatkannya. Minyak esensial avender akan membantu menyembuhkan luka yang meradang sedangkan minyak zaitun akan menutrisi kulit karena mengan vitamin E dan lemak yang menyehatkan. Untuk membuat salep luka bakar, bahan-bahan yang anda perlukan:

  • 20 ml madu
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 20 tetes minyak esensial lavender

Cara membuatnya juga sangat sederhana, cukup campurkan semua bahan-bahan tersebut dalam sebuah wadah. Setelah semua bahan tercampur rata, aplikasikan dengan cara mengoleskan campuran tersebut di atas area kulit yang mengalami luka bakar. Kemudian tutup bagian yang terluka dengan menggunakan perban atau plester.

Komentar

Loading...