Kulit Sering Digigit Serangga? Begini Tips untuk Mengatasinya

Kulit Sering Digigit Serangga? Begini Tips untuk Mengatasinya

48
memuat...

Harianpost.co.idKetika kita digit oleh serangga, sebenarnya serangga tersebut sedang menyuntikkan cairan ke kulit kita. Cairan yang disuntikkan ini mengandung berbagai enzim yang membuat sel-sel di kulit kita pecah. Hal ini lah yang membantu serangga untuk memakan sel-sel kulit kita dan kemudian kulit kita akan mengalami iritasi akibat enzim dari cairan serangga tersebut. Saat serangga menggigit kulit kita, mungkin kita tidak akan merasakannya. Karena serangga memiliki ukuran yang sangat kecil, sehingga gigitannya tidak akan menimbukan rasa sakit. Namun karena enzim yang telah disuntikkan oleh serangga mulai menyebar, maka kita akan melihat adanya iritasi di kulit kita.

Biasanya, jenis serangga yang sering membuat kulit kita iritasi adalah tungau (Trombiculdae) yang banyak sekali terdapat di sekitar kita tanpa kita sadari, mulai dari di rumah, halaman,taman maupun tempat bermain anak-anak (playdate). Gejala umum yang biasanya terjadi saat digigit tungau atau serangga lainnya diantaranya adalah:

  • Muncul benjolan merah kecil yang terlihat seperti jerawat di area kulit
  • Terasa gatal
  • Ruam pada kulit

Namun biasanya, gejala akan muncul beberapa saat setelah digigit. Jika terdapat ruam, biasanya terjadi pada kulit yang terbuka dan terkena sinar matahari. Kebanyakan orang, ruam akibat gigitan serangga biasanya akan hilang setelah 2 hari. Untuk mengatasi gigitan tungau maupun serangga lainnya, biasanya kita mengkonsumsi obat-obatan secara oral. Selain cara tersebut, anda ternyata juga bisa melakukan cara-cara sederhana untuk mengatasi rasa gatal dan ruam pada kulit. Beberapa cara tersebut diantaranya:

  1. Mandi dengan menggunakan air hangat

Jika anda merasa kulit anda digigit oleh serangga atau anda baru saja melakukan aktivitas di tempat yang berpotensi terdapat banyak serangga (taman, hutan, kebun, dll), anda mencegah paparan enzim dari serangga yang terdapat di kulit dengan cara mandi dengan menggunakan air hangat agar enzim tersebut tidak menyebar. Anda juga bisa menggunakan sabun mandi dan eksfoliator untuk menggosok seluruh tubuh anda

  1. Oleskan lotion yang mengandung calamine

Lotion calamine adalah obat-obatan alami yang mengandung zinc. Para sejarawan menyatakan bahwa lotion ini telah digunakan untuk mengatasi gatal-gatal sejak peradaban Mesir atau sekitar 1500 SM. Lotion calamine biasanya diguakan sebagai obat anti gatal untuk gigitan serangga, berbentuk cair berwarna merah muda. Cara menggunakannya cukup oleskan sedikit lotion calamine di area kulit yang digigit serangga pada pagi dan sore hari. Atau anda bisa menggunakannya saat terasa gatal

  1. Kompres menggunakan baking soda

Bakin soda memiliki sifat menenangkan kulit secara alami. Untuk mengurangi rasa gata akibat gigitan serangga atau tungau, cukup campurkan baking soda dan air dalam jumlah yang sama sehingga terbentuk campuran yang memiliki konsistensi kental seperti pasta. Oleskan ke bagian ruam dan biarkan selama 20 menit. Kemudian bilas dan keringkan kulit.

Komentar

Loading...